Tahapan Coklit Data Pilkada Serentak 2024 di Banyuwangi Tuntas

by -2218 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP 4) pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada Serentak) Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi sudah tuntas.

Menurut Divisi Teknis Perencanaan Data dan Informasi KPU Banyuwangi Moh. Qowim, petugas pemutakhiran data pemilih atau yang lebih dikenal Pantarlih se Banyuwangi telah melakukan tugasnya secara maksimal. Sehingga saat ini jumlah data pemilih yang dimasukan ke dalam e-coklit sudah tuntas atau mencapai 100 persen.

iklan aston

Menurut dia, dari 25 kecamatan yang ada di Banyuwangi, tiga kecamatan paling awal menuntaskan tahapan coklit yaitu; Kecamatan Kabat, Kecamatan Licin dan Kecamatan Giri.

Sebagai bentuk terimakasih, KPU Banyuwangi memberikan reward terhadap 3 kecamatan yang menuntaskan coklit 100 persen. Pemberian reward dilaksanakan pada Minggu (14/07/2024) lalu, bersamaan dengan kegiatan Peningkatan Penguatan Kelembagaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Banyuwangi Di Hotel Grand Harvest Banyuwangi.

Selanjutnya dia menuturkan berdasarkan E_Coklit sampai dengan Senin (15/07/2024), data pemilih di Banyuwangi tercatat 1.361.025 dan data tercoklit 1.353.175.

“Prosentase coklit mencapai 99,42 persen. Sementara itu untuk pemilih baru 42.206, pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 60.396 dan pemilih yang telah sesuai tercatat 1.269.395 orang,” ujar M. Qowim.

Sementara Ketua PPK Kabat, Muhammad Syarif Hidayatullah menyatakan, salah satu kunci kesuksesan pelaksanaan Coklit di wilayah Kecamatan Kabat adalah kerukunan kekompakan dan kerjasama yang baik dalam tim.

“Selain itu karena disiplin, semangat dan kerja keras semua pihak, utamanya Pantarlih sehingga mampu menjadi yang pertama tuntas 100 persen,” kata Syarif.

Menurut dia meskipun PPK dibagi menjadi beberapa divisi, namun selama tahapan coklit kemarin, 5 orang PPK Kabat ikut turun monitoring ke bawah tanpa melihat divisinya.

Sehingga ketika petugas mengalami kendala di lapangan, PPK langsung gerak cepat membantu mencarikan solusinya.

Sementara itu untuk jumlah pemilih di wilayah Kecamatan Kabat berdasarkan hasil pendataan atau coklit tercatat lebih dari 49 ribu pemilih dalam Pilkada serentak mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.