Ratu Adil Serukan Rekonsiliasi Nasional Setelah Keputusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

by -78 Views
Mohamad Trijanto Ketum Ratu Adil (📷:ist)
Girl in a jacket

Blitar, seblang.com – Pada 22 April 2024, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan keputusan mengenai sengketa hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Menyikapi putusan ini, Ketua Umum Rakyat Tuntut Amanat Keadilan (Ratu Adil), Mohammad Trijanto, mengajak semua pihak untuk menghormati keputusan tersebut dan mendukung proses rekonsiliasi nasional.

Dalam pernyataannya pada Rabu (24/04/2024), Trijanto menyatakan bahwa sudah saatnya bagi para kontestan pilpres 2024 untuk duduk bersama dalam rangka rekonsiliasi. Menurutnya, keputusan MK harus diterima dengan legowo (ikhlas). Dia mendorong para kontestan yang sebelumnya bersaing untuk kembali bersama-sama berupaya memperkuat persatuan bangsa.

“Saya rasa saat ini para capres yang kemarin ikut kontestasi dalam pilpres kembali duduk bersama untuk rekonsiliasi nasional. Setelah keputusan MK terhadap sengketa pilpres telah diputuskan,” ujar Trijanto.

Trijanto juga menekankan bahwa Indonesia merupakan negara yang berdasar hukum. Oleh karena itu, apa pun keputusan yang dihasilkan oleh MK dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus dihormati dan dijunjung tinggi. Dia memperingatkan kelompok atau golongan yang tidak puas dengan hasil MK agar tidak membuat pernyataan yang bisa membahayakan stabilitas bangsa dan menimbulkan perpecahan.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak yang tidak menerima hasil keputusan MK kemarin agar tidak memberikan narasi narasi yang bisa memecah belah persatuan bangsa. Kita hormati keputusan MK dan marilah untuk melakukan rekonsiliasi agar Indonesia lebih maju,” kata Trijanto.

Dia juga mengingatkan bahwa pileg dan pilpres adalah pesta demokrasi yang menentukan arah bangsa, dan sebagai bagian dari proses demokrasi, semua pihak harus menerimanya dengan lapang dada. Trijanto berharap momentum setelah pesta demokrasi ini menjadi kesempatan untuk rekonsiliasi nasional dan mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk elit politik, untuk bersatu dan membangun Indonesia.

Ketua Ratu Adil ini menegaskan bahwa persatuan nasional adalah kunci untuk mencapai kemajuan dan stabilitas Indonesia. Oleh karena itu, ia mendorong masyarakat untuk berkomitmen pada nilai-nilai persatuan dan rekonsiliasi guna mendorong Indonesia ke arah yang lebih baik.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.