Antrean Pelabuhan ASDP Ketapang karena Beberapa Faktor, Hingga Kapal Sulit  Merapat ke Pantai

by -115 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Antrean kendaraan yang akan ke Provinsi Bali dari pelabuhan Ketapang – Gilimanuk nyaris tak bergerak dan mengular sampai ke daerah Bangsring Wongsorejo dari arah utara.

Antrean tersebut juga terjadi dari arah selatan yang akan melintasi pelabuhan Ketapang dialihkan ke jalan lingkar Ketapang, antrean juga nampak menumpuk hingga depan hotel Ketapang Indah.

iklan aston

Kemacetan juga diperparah karena pengguna jalan tak bersabar sehingga arus jalan nyaris tertutup akibat menyerobot badan jalan untuk mendahului.

Bukan hanya itu saja, pantauan seblang.com dalam kemacetan.  Juga menyebabkan beberapa kendaraan yang habis bahan bakarnya karena tidak tahu jika terjadi macet panjang.

Menurut penjelasan Sekretaris Dinas Pehubungan Kabupaten Banyuwangi, Ali Ruchi, kemacetan di pelabuhan Ketapang – Gilimanuk terjadi beberapa faktor penyebabnya.

Di antaranya adalah perbaikkan dermaga Ponton di Pelabuhan Gilimanuk, Bali dan faktor cuaca yang menyebabkan pasang surut air laut sedang top setiap 12 jam sekali yakni pagi dan sore.

Sehingga kapal yang berada di pelabuhan landing craft machine (LCM) tidak bisa melakukan  beaching  (merapat ke pantai) dikarenakan pintu rampa (Ramp door) tak menjangkau area Beaching Point yang biasanya untuk bersandar

“Teknisnya itu banyak faktor penyebab antrean, dikarenakan perbaikkan dermaga ponton , pasang surut sedang top sehingga kapal di pelabuhan LCM tidak bisa untuk melakukan beaching apalagi kalau surut , dan banyaknya yang berlibur ke Bali,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi, Rabu (5/07/2023)

Sementara itu dikarenakan pembangunan dermaga Ponton, enam kapal yang selama ini beroperasi di dermaga ponton harus berpindah dermaga mobile bridge (MB)  enam kapal tersebut yakni KMP Dharma Rucitra, KMP Dharma Ferry I, KMP Edha, KMP Gilimanuk I, KMP Trisila Bhakti II, dan KMP Nusa Makmur.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.