Forkorada Gandeng PT Pegadaian Situbondo Guna Menumbuhkembangkan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM

by -201 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Guna menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat, melalui Forkorada Kelurahan Dawuhan menggandeng PT Pegadaian guna membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Sosialisasi terkait pinjaman tanpa jaminan bagi pelaku UMKM yang dilaksanakan oleh PT Pegadaian bertempat di Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, Rabu, (14/06/2023).

Ikut hadir dalam acara sosialisasi ini, yaitu Ketua Forum Komunikasi RT, RW Kelurahan Dawuhan (Forkorada) selaku panitia dan Lurah Dawuhan, Diskoperindag, Pimpinan Cabang Pegadaian, Ketua LPM Kelurahan Dawuhan.

Dalam acara sosialisasi ini melibatkan puluhan pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Dawuhan guna untuk memberikan sebuah sosialisasi untuk usaha tumbuh dan berkembang bersama Pegadaian.

Dalam rangka literasi layanan produk micro Suryo Laksono Pemimpin Cabang Pegadaian Situbondo mengatakan, jika produk micro adalah salah satu layanan pembiayaan produk para UMKM dan berharap para pelaku UMKM yang ada di kelurahan Dawuhan dapat memanfaatkan produknya sehingga usahanya dapat maju dan berkembang.

“Alhamdulillah di pagi hari ini kita diberi kesempatan berkolaborasi bersama sama teman teman UMKM Kelurahan Dawuhan. Memang secara otomatis dalam  persyaratan dan pengajuan pinjaman berlaku, jadi kita sudah sosialisasi persyaratannya seperti apa saja, jika memiliki usaha minimal berjalan 6 bulan, tadi sudah kita sampaikan dan di brosur sudah ada,” ujarnya.

Bagi para peminjam modal minimal 5 Km dari kantor pegadian, dan syarat berikutnya tidak boleh menerima pinjaman dari lembaga lain yang sejenis KUR.

“Jika dari sisi usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun, dan untuk plafon pinjamannya KUR itu dari Rp 1 juta sampai Rp 10 juta,” ucapnya.

Lebih jauh, sedikit menjelaskan jika pinjaman KUR lebih terjangkau dengan suku bunga sangat rendah hanya 0,14%, untuk gambarannya Jika pinjaman Rp 1 juta maka bunganya hanya seribu empat ratus rupiah lebih murah harga karcis di pasar.

“KUR ini salah satu amanah dari pemerintah yang dititipkan dan disalurkan melalui pegadian tujuannya untuk mengembangkan UMKM dan harapan kami Warga Kelurahan Dawuhan dapat memanfaatkannya,” imbuhnya.

KH Ahmad Zaini Ridwan Lurah Dawuhan juga mengatakan jika kegiatan hari ini pihak pegadian yang difasilitasi oleh Forkorada melalui Kelurahan Dawuhan memberikan pencerahan dan pembinaan bagi pelaku usaha micro dan berharap para pelaku usaha bisa bangkit setelah pandemi Covid ini.

“Kami merasa prihatin dan terus berjuang bagaimana pengusaha dan pelaku usaha micro yang ada di Kelurahan Dawuhan bisa menata diri dan bisa bangkit, tentu ini tidak mudah karena SDM mereka masing masing-masing berbeda sehingga perlu ditata dan perlu ketelatenan dan perlu ada solusi sehingga mereka bisa memahami dan harapannya ekonomi mereka bangkit,” harapnya.

Lebih lanjut KH. Zaini Lurah Dawuhan sapaan akrabnya, berharap adanya modal pinjaman tanpa jaminan bisa digunakan dengan sebaik mungkin sehingga bisa mengembangkan usahanya, karena tanpa adanya modal tidak mungkin bisa bermodel.

“Mudah mudahan ini menjadi harapan baik ke depan jika setelah mendapatkan modal bisa digunakan secara profesional, dan untuk langkah kedepannya kelurahan Dawuhan berharap bagi pelaku UMKM ada semacam pusat penjualan seperti CFN di lingkungan Parse bangkit atau di sektor komunikasi lingkungan masing masing. Dan kami berharap nantinya pagi pelaku UMKM bisa disatukan di sepanjang jalan atau bantaran sungai wisata Kelurahan Dawuhan,” tutupnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.