Sepeda Motor Penyelamat Nyawa di Pelosok Flores Timur

by -2432 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Mansetus membonceng bidan desa
iklan aston

Flores Timur, seblang.com – Di tengah kondisi geografis yang menantang di Flores Timur, sebuah inisiatif sederhana namun berdampak besar lahir dari tangan seorang pria bernama Mansetus. Tanpa latar belakang kesehatan, ia justru berhasil menyelamatkan nyawa lewat program penyediaan sepeda motor untuk bidan desa.

“Senyum mereka adalah kebahagiaan kami,” ungkap pria kelahiran Lewoleba, 5 Januari 1976 ini dengan mata berbinar. Dari kantornya yang sederhana di Kota Sau I, Kelurahan Sarotari, Larantuka, ia menceritakan bagaimana sebuah diskusi pada Juli 2002 membuka matanya akan realitas pahit di pelosok Flores Timur.

iklan aston

Kala itu, sebuah Focus Group Discussion (FGD) mengungkap fakta mencengangkan: banyak ibu dan bayi meninggal bukan karena penyakit, melainkan karena terlambat mendapat pertolongan medis. Penyebabnya sederhana – minimnya transportasi untuk petugas kesehatan.

Tak tinggal diam, Mansetus mendirikan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) dan meluncurkan terobosan brilian. Ia mengadakan 13 sepeda motor yang kini menjadi “kuda besi” para bidan desa dan petugas kesehatan di lima kecamatan Flores Timur.

Yang unik, program ini juga melibatkan pemuda setempat sebagai “pasukan pengendara” yang siap mengantar para bidan desa dan paramedis kapanpun dibutuhkan. Untuk memastikan “kuda besi” selalu dalam kondisi prima, sebuah bengkel khusus didirikan dengan jadwal perawatan rutin setiap 2.000 kilometer.

“Agar selalu siap beraksi dalam kondisi darurat,” tegas Mansetus, menjelaskan filosofi Program Manajemen Sarana Transportasi dengan sistem kerusakan minimum ini. Berkat inisiatifnya, jarak dan medan yang sulit bukan lagi penghalang bagi pelayanan kesehatan di pelosok Flores Timur.

Atas dedikasinya tersebut, Mansetus menjadi salah satu penerima SATU Indonesia Awards untuk tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.