Bupati Blitar Hadiri Peresmian Gedung Baru MTs Darussalam Kademangan, Hibah dari Pemerintah Jepang

by -221 Views
Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri peresmian gedung baru MTs. Darussalam Kademangan, Kabupaten Blitar,
iklan aston

Blitar, seblang.com – Bupati Blitar Rini Syarifah, menghadiri peresmian gedung baru MTs. Darussalam Kademangan, Kabupaten Blitar, yang merupakan hasil hibah dari Pemerintah Jepang, pada Kamis (05/09/2024). Peresmian ini dihadiri Konsulat Jenderal Jepang Mr. Takeyama Kenichi, anggota legislatif Kabupaten Blitar, Sekretaris Daerah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Kepala OPD terkait, serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Rini Syarifah mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Jepang yang telah memberikan hibah pembangunan gedung baru tersebut. Menurutnya, gedung ini menjadi tonggak sejarah penting bagi pengembangan pendidikan di MTs. Darussalam.

iklan aston

“Kehadiran gedung ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran, menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif, serta membantu melahirkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter,” ujar Bupati Rini.

Selain itu, Bupati Rini juga berharap kerja sama antara Indonesia dan Jepang di bidang pendidikan terus terjalin dan semakin erat. Dukungan internasional sangat penting dalam menghadapi tantangan pendidikan, khususnya di Kabupaten Blitar, di mana masih banyak anak-anak yang belum mengenyam pendidikan.

“Menurut data Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), terdapat 10.714 anak yang belum bersekolah di Kabupaten Blitar. Dari jumlah tersebut, 2.151 anak telah masuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan 1.589 anak mendapat bantuan dari dana BOP, sementara sisanya harus membiayai pendidikan secara mandiri,” jelasnya.

Bupati juga menegaskan bahwa masalah pendidikan ini perlu segera diatasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Blitar. Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan.

“Kami berharap dukungan dan kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan berkualitas menuju Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Mr. Takeyama Kenichi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Blitar atas dukungan dan kerjasamanya. Bantuan hibah gedung belajar ini dibangun melalui melalui Grassroots Pemerintah Jepang Human Security Project.

“Semoga dengan dibangunnya Gedung Belajar di MTs. Darussalam Kademangan Yayasan Yasin Yusuf bisa memberikan suasana belajar yang nyaman bagi siswa dan guru serta meningkatkan prestasi,” ucap Mr. Takeyama.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Konsulat Jenderal Jepang bersama Bupati Blitar dan Kepala MTs. Darussalam Kademangan sebagai simbol dimulainya penggunaan gedung baru.

Setelah peresmian, para tamu undangan diajak untuk meninjau langsung fasilitas baru di gedung tersebut. Mereka juga disuguhi berbagai hidangan khas Kabupaten Blitar dalam acara ramah tamah yang diadakan setelahnya.

Momen ini juga dimanfaatkan oleh Bupati Rini untuk memperkenalkan potensi wisata dan produk UMKM lokal kepada rombongan dari Jepang. Bupati berharap kunjungan ini tidak hanya memperkuat hubungan bilateral, tetapi juga membuka peluang kerja sama lebih lanjut di masa mendatang. (adv/kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.