Ritual Adat Seblang Bakungan Digelar, Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Merasa Senang

by -64 Views
Choiri Edi Santoso, Pelaku UMKM Banyuwangi, saat berada di stand kliner di Kelurahan Bakungan Kecamatan Glagah Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Program pemerintah Banyuwangi yang membangun dan mengembangkan sektor pariwisata dengan memperbanyak even yang dikemas dalam Banyuwangi Festival (B-Fest) dirasakan sangat menguntungkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Salah Seoang Pelaku UMKM Banyuwangi, Choiri Edi Santoso, rangkaian acara Seblang Bakungan yang digelar selama empat hari dinilai sangat membantu, karena event ini orang luar Banyuwangi maupun warga di luar Kelurahan Bakungan ini mengetahui akan adanya Ritual Adat Seblang sehingga banyak yang datang.

iklan aston

“Inilah momen kita sebagai UMKM untuk tampil apalagi masalah tempat dan sarana prasaran kita sudah difasilitasi oleh panitia mulai dari tenda, meja, dan lampu. Dengan adanya event ini tentu sangat membantu pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif,” jelas pria yang akrab disapa Edi tersebut saat menunggu lapaknya pada Minggu (23/6/2024).

Dalam bazar kuliner makanan dan minuman tradisional khas Banyuwangi dan aneka makanan modern Edi berjualan Jeruk Peras dan Alpukat kocok dan Es Teh Jumbo.

Adapun harga jual produknya, untuk Es Teh Jumbo Rp. 5 ribu. Sedangkan harga satu cup Es Jeruk Peras dan Es Alpukat Kocok Rp. 10 ribu. Harga jual minuman tersebut merupakan kesepakatan para pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif agar tercipta suasana kerja yang kondusif.

“Harapan kami Seblang Bakungan ini terus dilakukan setiap tahun digelar dengan melibatkan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di wilayah Banyuwangi,” imbuh Edi.

Selanjutnya dia menuturkan dirinya sudah 3 kali mengikuti even Bazar Kuliner yang diselenggarakan oleh panitia Seblang Bakungan Banyuwangi. Bersama-sama dengan koleganya relanya merogoh kocek Rp. 350 ribu untuk biaya sewa stand selama 4 hari pelaksanaan.

Dalam satu hari Edi rata-rata mampu menjual 75 sampai dengan 150 cup untuk minuman mulai Es Teh Jumbo Es Jeruk Peras dan Es Alpukat Kocok.

“Rata-rata dalam satu event seperti Seblang Bakungan omset /penghasilan kotor kami selama 4 hari Alhamdulillah nilainya sampai sekitar Rp. 3 – 4 juta,” pungkas Edi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.