RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar Siapkan 14 Ruang Khusus untuk Caleg yang Gagal di Pemilu 2024

by -65 Views
Endah Woro Utami, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi
Girl in a jacket

Blitar, seblang.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo Wlingi Blitar telah mempersiapkan ruang khusus untuk melayani pasien yang mengalami tekanan mental atau depresi akibat hasil yang kurang memuaskan dalam Pemilu 2024.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi dampak psikologis yang dapat dialami oleh individu yang merasa kecewa atau stres karena hasil pemilihan, khususnya para caleg.


iklan aston

Direktur RSUD Ngudi Waluyo, Endah Woro Utami, mengatakan, RSUD Wlingi sudah menyiapkan ruang khusus yang dilengkapi dengan fasilitas dan tenaga medis yang terlatih untuk memberikan dukungan psikologis dan kesehatan mental kepada pasien.

“RSUD Ngudi Waluyo Wlingi menyediakan pelayanan khusus untuk caleg yang depresi karena gagal terpilih, baik rawat jalan, IGD, maupun rawat inap. Tenaga, spesialis, psikolog klinis, apoteker, nutrisionis, dan perawat yang sudah dilatih. Obat dan sarana prasarana sudah disiapkan,” ungkap Endah Woro kepada seblang.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/01/2024).

Endah Woro Utami menambahkan, ada 14 tempat tidur yang sudah disiapkan, khusus dan privasi identitas tetap terjaga. Dokter spesialis jiwa, dan psikolog juga sudah ada. Ngudi Waluyo Wlingi juga standby di hotline telepon jika diperlukan kalau pasien masih merasa ragu, tetapi mulai merasakan tanda-tanda depresi, untuk segera menghubungi rumah sakit atau konsultasi privat home care terlebih dahulu.

“Empat belas kamar sudah kita siapkan, dokter spesialis jiwa, dan psikolog klinis keduanya sudah ada di RSUD Wlingi untuk Blitar Raya,” sambungnya.

Hal ini bertujuan agar masyarakat tetap bisa dalam kondisi sehat mental dan sehat fisik, setelah melalui masa berat dalam berkampanye dan melihat hasilnya. Tidak semua masyarakat, khususnya caleg kuat menerima hasilnya, maka pendampingan keluarga untuk para caleg yang tidak terpilih sangat besar perannya.

Diharapkan langkah ini dapat membantu mengurangi dampak negatif dari stres pasca-pemilu, serta memberikan dukungan yang diperlukan bagi individu yang membutuhkannya. Rumah sakit juga mengimbau masyarakat untuk tidak ragu untuk mencari bantuan jika mereka merasa memerlukannya, dan menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental dalam situasi apapun.

Untuk diketahui, RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi Blitar adalah salah satu RSUD yang ditunjuk Kementerian Kesehatan RI sebagai rumah sakit berkemampuan madya di Blitar Raya.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.