Genjot Potensi Wisata, Desa Ketapang Banyuwangi Keren Launching Kalender K-Fest Tahun 2023

by -541 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta masyarakat kepada wilayahnya sekaligus menggenjot potensi wisata, Pemerintah Desa (Pemdes) Ketapang melaunching Ketapang Festival (K-Fest) Tahun 2023.

Acara launching tersebut  bersamaan dengan peringatan hari jadi desa Ketapang yang ke -256 di Lapangan Stasiun Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi pada Sabtu, (18/03/2023).

iklan aston

Menurut , Kepala Desa (Kades) Ketapang, Slamet Utomo, peringatan hari jadi Desa Ketapang dan K-Fest Tahun 2023 yang digelar didasari dengan adanya potensi yang dimiliki di wilayahnya seperti wisata alam dan  wisata bahari.

“Ketapang memiliki potensi wisata yang sangat banyak, untuk itu kami menggelar acara ini sebagai upaya pemulihan ekonomi,” kata Slamet Utomo.

Dia menuturkan, selama ini desa Ketapang hanya digunakan sebagai tempat transit oleh pengunjung dan wisatawan. Pihaknya berharap ke depan desa yang menjadi pintu masuk Pulau Bali mampu  menjadi desa tujuan wisata.

“Di tahun 2023 ini akan kami jadikan momen bangkit yang diawali dari destinasi wisata Sumber Penawarsari dan Sungai Jangkah sebagai pemberdayaan Pokdarwis dan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) desa,” imbuh Slamet.

Lebih lanjut dia menambahkan lurang lebih ada 12 titik destinasi wisata yang berada di kawasan Desa Ketapang. Diantaranya: Bukit Sewu Sambang, Bukit Segoro Katon, Sumber Penawarsari, Sumber Penawar, Sungai Paliran, Sungai Jangkah, Gunung Bendera, Petilasan Aning Patih, Air Terjun Jambe Rowo, Wisata Petik Kopi Selogiri, Outbond Marine dan Watudodol sebagai wisata bahari di Selat Bali.

Dalam acara  launching K-Fest ini juga dirangkaian dengan acara pengukuhan duta wisata desa Ketapang.

Kegiatan launching K-Fest menjadi bertambah menarik dan meriah saat lagu “Ketapangku Anugerahku“, pertama kali dinyanyikan oleh penyanyi Kezya.

“Saya bersama keluarga dan para tetangga turut hadir menjadi saksi secara langsung di launchingnya kalender K-Fest 2023. Karena ini pertama kali seumur hidup ada di desa tercinta ini,” ujar Dimas, salah seorang warga desa Ketapang.

K-Fest Tahun 2023 akan menyajikan sebanyak 29 best event dari kalender penyelenggaraan selama tahun ini. Mulai dari even seni,  budaya hingga sport tourism./////

Event unggulan dalam K-Fest 2023 adalah “Ketapang Expo” yang dimeriahkan pentas seni, musik dan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Bumdes se Kecamatan Kalipuro Banyuwangi./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.