Direktur Advokasi dan Kerjasama Kementerian Pedesaan RI Janji Promosikan Gandrung Sewu di Kementerian Desa 

by -8 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Direktur Advokasi dan Kerjasama Kementrian Pedesaan RI, Dwi Rudy Hartoyo terkesima oleh penampilan ribuan penari ketika pertama kali melihat secara langsung latihan tari kolosal Festival Gandrung Sewu 2024, di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jum’at (4/10/2024).

“Saya sangat terkesima dengan adik-adik penari Gandrung. Ini udah malam, mereka berlatih mulai siang hingga malam hari namun masih terlihat sangat semangat,” ujar Dwi dalam rilis yang dikirim pada Minggu (6/10/2024)

iklan aston

Dalam kesempatan tersebut Dwi menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta Gandrung Sewu yang terpilih dan ikut berlatih intensif.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada adik-adik, yang mana tadi disampaikan ketua panitia bahwa mereka ini hasil dari seleksi puluhan ribu peserta. Saya juga berharap nantinya di kegiatan Kementrian Desa saya ingin mengajak para penari ini. Saya juga akan promosikan Gandrung Sewu di Kementrian Desa. Mudah-mudahan lancar hingga nanti saat hari-H,” tambah Dwi.

Ketua Pelatih Seniman dan Tari Banyuwangi (Patih Senawangi), Suko Prayitno mrnyampaikan rasa bangga dalam latihan gabungan pertama sudah mencapai 75 persen.

“Peserta Gandrung Sewu tahun ini sangat cepat adaptasi dan mempelajari pola dan gerak tari sehingga kami juga tidak terlalu kesulitan saat mengarahkan,” kata Suko.

Dia juga menyampaikan akan ada peserta yang berasal dari Kabupaten Sidoarjo, Jember, Bondowodo, Kediri, Pasuruan dan Bali yang ikut memeriahkan Gandrung Sewu 2024.

Latihan yang berlangsung dua hari lalu merupakan latihan gabungan perdana setelah sebelumnya para penari latihan secara terpisah di masing-masing wilayah. Latihan gabungan ini akan kembali digelar pada 11 dan 18 Oktober 2024 mendatang dalam upaya mematangkan persiapan.

Agenda Gandrung Sewu 2024 merupakan suguhan tari kolosal apik yang akan mengguncang Pantai Marina Boom Banyuwangi pada 26 Oktober 2024 mendatang.

Dengan mengusung tema “Payung Agung, The Diversity of Banyuwangi Culture”, Gandrung Sewu 2024 akan menguntai indah keanekaragaman budaya yang ada di kota yang dikenal serpihan tanah surga di tanah Jawa ini.

Rangkaian acara Gandrung Sewu sendiri akan dimulai pada 24 hingga 26 Oktober dengan berbagai agenda menarik seperti bazar UMKM dan ekononomi kreatif dan meras Gandrung yang sayang apabila tidak melihat dan menyaksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.