Pemkab Jember Ajak Wisatawan Jelajahi Warisan Bersejarah di Wisata Kampung Belgia

by -1811 Views
iklan aston

Jember, seblang.com  – ‘Wisata Kampung Belgia’, menjadi salah satu alternatif destinasi baru untuk para wisatawan yang hendak datang ke Kabupaten Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Ketua TP PKK Kasih Fajarini melaunching Wisata Kampung Belgia yang berada di wilayah Perusahaan Umum Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo.

iklan aston

Adapun destinasi wisata baru yang mengusung nuansa agrowisata heritage itu mengangkat pesona kearifan lokal. Yakni bangunan-bangunannya memiliki usia lebih dari 100 tahun atau satu abad lamanya.

“Disini ada bangunan-bangunan heritage (peninggalan Belanda) yang harus kita rawat. Ada penggilan gedung-gedung ini, peralatan-peralatan-peralatan yang usianya sudah 100 tahunan lebih,” ucap Hendy saat dikonfirmasi usai launching Wisata Kampung Belgia, Minggu (14/9/2024).

Di samping itu, acara launching tersebut disaksikan oleh sejumlah masyarakat dan perwakilan tokoh agama setempat, termasuk juga mantan Wakil Bupati Jember tahun 2016-2019.

“Adanya Wisata Kampung Belgia ini merupakan suatu kolaborasi dari PDP Kahyangan dan dan teman-teman penggiat wisata serta tokoh masyarakat. Juga tadi saat peresmian dihadiri oleh KH Muqiet Arif, beliau juga sangat respect dan mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Kata Hendy, Pemkab Jember akan terus memberikan dukungan untuk memajukan Wisata Kampung Belgia itu.

“Tentunya Pemkab Jember akan selalu mensupport kegiatan ini, bagaimana bentuk supportnya, meliputi sarana dan prasarananya. Sehingga para wisatawan bisa lebih menikmati dan enjoy saat berada disini,” ungkapnya.

Selain itu kedepannya, Pemkab Jember juga akan memberikan pelatihan-pelatihan terhadap masyarakat sekitar untuk menjadi pramuwisata.

“Baik dibidang UMKM maupun pelayanan-pelayanan-pelayanan yang lainnya. Sehingga masyarakat bisa memberikan para wisatawan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.