Realisasi Layanan KA Blambangan Ekspres Buah Kerja Keras dan Kerja Cerdas Pemkab Banyuwangi

by -238 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Hampir sebulan KA Blambangan Ekspres melayani penumpang jurusan Stasiun Ketapang Banyuwangi – Stasiun Pasar Senen Jakarta. Ini lika-liku perjuangan pemerintah kabupaten Banyuwangi memperjuangkan perpanjangan rute KA yang sebelumnya melayani penumpang sampai stasiun Semarang saja.

Menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi Komang Sudira, pengajuan perpanjangan rute KA yang langsung terkoneksi Banyuwangi – Jakarta maupun sebaliknya itu prosesnya adalah tidak dalam waktu pendek tidak instan panjang.

iklan aston

“Berawal dari study atau kajian bagaimana daya dukung masyarakat terhadap kebutuhan atas layanan perkereta api an. Setelah survey pengecekan lapangan maka dilakukan untuk proses perhitungan relasi yang dibangun melewati beberapa daerah operasi (Daop),” ujar Komang pada Rabu (21/8/2024).

Sehingga, lanjut dia ketika melewati beberapa Daop maka kendalinya bagaimana masing-masing Daop bisa mengatur ulang penata laksanaan agar tidak terjadi hambatan dalam perjalanan relasi yang dibangun.

Ketika itu sudah terjadi maka nanti akan ada proses pengeluaran izin oleh kementerian atas usulan dari masyarakat untuk pelayanan tersebut. Ketika izin sudah diterbitkan pemerintah atau kementerian maka pihak PT KAI wajib untuk melaksanakan atas izin yang diterbitkan.

Selanjutnya dalam proses pelaksanaan tersebut PT KAI dalam kondisi saat ini memang harus pandai-pandai menata laksana terkait lokomotif, gerbong dan waktunya.”Kemudian termasuk harga tarif yang ditetapkan sehingga layanan yang di bangun untuk suatu layanan yang terbaru itu menjadi layanan yang menarik dan bisa dilakukan dengan baik,” tambah Komang.

Lebih lanjut dia menambahkan untuk usulan penambahan gerbong eksekutif KA yang melayanani relasi Banyuwangi-Malang ini masih berproses. Beberapa kali kami sampaikan kepada teman-teman di kementerian ini masih dalam proses kajian.

Prinsip menurut Komang sudah menjadi perhatian karena memang melihat dimana permintaan cukup tinggi ketika mau berangkat ke Malang kalau masyarakat menggunakan KAI Acces atau proses pembelian secara online itu bisa paling cepat 3-4 hari itu sudah habis menjelang keberangkatan

“Sehingga harus jauh-jauh hari merencanakan untuk bepergian ke Malang dengan menggunakan kereta api. disisi lain kereta api yang jurusan Malang adalah kereta api dengan ekonomi tidak ada bisnis dan eksekutif ini menjadikan layanan ini,” imbuh dia.

Dia mengungkapkan sebenarnya dari layanan ini menjadi peluang bisnis. Ketika memberikan layanan kelas ekonomi itu adalah kereta api yang mendapat subsidi. Sedangkan yang bisnis dan eksekutif itu adalah memang peluang bisnis bagi PT KAI

“Dan itu selau kita koordinasikan dan untuk Daop 9 Jember sangat menyetujui dan menyepakati. Pada saatnya nanti karena itu semuanya di bawah PT KAI Daop 9 maka bisa dilakukan dengan proses perizinannya yang bisa berlangsung dengan cepat,” pungkas Komang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.