Bupati Ipuk Sambut Gembira, Kereta Jakarta-Banyuwangi Siap Beroperasi Juli 2024

by -3115 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
Kereta Api Blambangan Express jalurnya diperpanjang Banyuwangi - Jakarta
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Rencana PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membuka rute kereta api Jakarta – Banyuwangi segera menjadi kenyataan. Pada Juli 2024, rute ini akan resmi diluncurkan.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyambut antusias rencana pembukaan rute kereta api tersebut. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengungkapkan bahwa pembukaan rute kereta api ini akan membawa dampak positif bagi Banyuwangi, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

iklan aston

“Pembukaan rute Jakarta – Banyuwangi ini tentu membawa dampak positif bagi kita. Kini Banyuwangi memiliki berbagai alternatif transportasi dari dan menuju Jakarta. Selain pesawat dan bus, sekarang ditambah kereta api,” ujar Ipuk.

Ipuk berharap dengan adanya transportasi kereta api ke Banyuwangi, jumlah kunjungan ke daerah ini akan meningkat. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan terus mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada.

“Banyuwangi tentu akan mempersiapkan diri untuk menyambut dampak positif ini. Dengan meningkatnya kunjungan, potensi peningkatan ekonomi warga juga akan terangkat,” tambahnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja, membenarkan kabar baik ini. Rute Banyuwangi – Jakarta akan dilayani oleh rangkaian KA Blambangan Ekspress.

“Ya benar, berdasarkan informasi dari KAI Daop IX, relasi Banyuwangi – Jakarta melalui jalur utara (via Semarang) akan dimulai bulan depan, Juli 2024,” kata Komang.

Untuk diketahui, KA Blambangan Ekspress adalah kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi yang selama ini melayani rute Stasiun Ketapang Banyuwangi – Stasiun Semarang Tawang. Dengan adanya perpanjangan rute hingga Jakarta, kereta yang diluncurkan tahun 2022 ini akan melayani rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi) – Stasiun Pasar Senen Jakarta. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.