Dinas PU CKPP Banyuwangi Pertahankan Pesona Kota Lewat Perawatan Jalur Hijau

by -2824 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Untuk terus menjaga keindahan Banyuwangi, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Kabupaten Banyuwangi rutin merawat jalur hijau di sepanjang jalan. Melalui Bidang Penataan Ruang, mereka melakukan penyiraman dan perawatan tanaman hias hingga rumput di beberapa titik median jalan.

Bayu Hadiyanto, Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PU CKPP Banyuwangi, menyebutkan kegiatan rutin ini dilakukan di kawasan Sobo, Taman Baru, Tukang Kayu, Jalan Basuki Rahmat, dan Klatak. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk mempertahankan pesona Banyuwangi sebagai kota wisata.

iklan aston

“Salah satu tupoksi kami di Dinas PU CKPP adalah memelihara taman dan jalur hijau, baik di jalan kabupaten maupun jalan kota,” ungkap Bayu, Senin (20/5/2024).

Sejak pagi, petugas merawat dan menata pepohonan serta taman di pinggir dan median jalan. Mereka menyiram dan membersihkan rumput liar serta tanaman hias di sepanjang ruas jalan, sesuai Permendagri No. 90 Tahun 2019.

“Dimulai dengan penyiraman, lalu pembersihan rumput dan tanaman hias di median, linier garden, perempatan, sampai bundaran jalan,” jelas Bayu.

Dalam menjalankan Permendagri ini, Dinas PU CKPP berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi. DLH sendiri bertanggung jawab atas pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) taman kota seperti RTH Sritanjung dan Blambangan.

“Yang berbeda, untuk RTH taman kota seperti Sritanjung dan Blambangan, itu dikelola DLH,” imbuhnya.

Dengan perawatan ini, Bayu berharap Banyuwangi akan semakin asri dan rapi. “Siapapun yang berkunjung atau melintasi kota akan merasakan kesan yang sejuk dan nyaman,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.