KPU Banyuwangi Buka Rekrutmen Calon Anggota PPS untuk Pilkada 2024

by -1999 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi membuka rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Pendaftaran telah dibuka sejak 2 Mei 2024 dan akan berakhir pada 8 Mei 2024 mendatang.

Komisioner Divisi SDM Parmas KPU Banyuwangi, Dian Purnawan, mengatakan perekrutan ini dilakukan secara terbuka dan tanpa dipungut biaya bagi masyarakat Banyuwangi yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sesuai Pengumuman KPU Banyuwangi No. 747/PP.04.2-Pu/3510/2024.

“Ini seleksi terbuka dan tanpa dipungut biaya, silahkan mendaftar dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan,” kata Dian, Minggu (5/5/2024).

Dian menyebutkan, KPU Banyuwangi membutuhkan total 651 orang untuk mengisi posisi PPS, dengan rincian 3 orang per Desa/Kelurahan.

“Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Sekretariat KPU Banyuwangi atau melalui layanan bantuan di kantor setempat bagi yang terkendala,” ujar Dian.

Sebelum menyerahkan berkas fisik, calon pendaftar diminta untuk mendaftar akun SIAKBA di laman https://siakba.kpu.go.id, mengisi data diri, dan mengupload persyaratan.

“Selanjutnya, calon pendaftar harus mencetak lembar bukti pendaftaran melalui SIAKBA dan mengirimkannya bersama berkas hardcopy pendaftaran ke KPU Kabupaten Banyuwangi,” jelas Dian.

KPU Banyuwangi juga menyediakan fasilitas printer bagi calon pelamar untuk mencetak bukti pendaftaran. Namun, fasilitas ini tidak dapat digunakan untuk mencetak keperluan syarat pendaftaran secara pribadi.

“Yang merasa kesulitan atau terkendala, bisa meminta bantuan di help desk KPU Banyuwangi. Di sana nantinya akan dibantu dan diarahkan dari proses awal sampai akhir,” tambah Dian.

Dian mengingatkan bahwa pendaftaran hanya dapat dilakukan pada jam kerja, yaitu pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dari tanggal 2 hingga 7 Mei 2024. Sementara pada tanggal 8 Mei, pendaftaran dibuka hingga pukul 23.50 WIB.

“Segala bentuk pengumuman, tahapan rekrutmen seperti tanggal dan waktu tes tulis dan lain sebagainya akan diumumkan di halaman website KPU Banyuwangi atau melalui media sosial resmi KPU Banyuwangi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.