Tiga Partai Tetapkan Calon Pimpinan DPRD Banyuwangi sementara PDIP Pemenang Pileg Belum Memutuskan

by -129 Views
Foto bersama Anggota DPRD Banyuwangi periode 2024 - 2029
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tiga dari empat partai politik peraih kursi terbanyak di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah menetapkan kader mereka untuk menduduki jabatan Pimpinan DPRD setempat periode 2024-2029. Sementara itu, PDI Perjuangan sebagai pemenang Pileg belum menentukan calonnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjuk Siti Mafrochatin Ni’mah, Partai Demokrat menetapkan Michael Edy Hariyanto, dan Partai Golkar memilih Ruliyono sebagai calon Wakil Ketua DPRD Banyuwangi.

iklan aston

“Surat Keputusan (SK) tiga rekomendasi Pimpinan DPRD Banyuwangi sudah masuk ke Sekretariat Dewan (Setwan). Tinggal PDI Perjuangan yang belum menyerahkan,” ujar Michael Edy Hariyanto, Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Kamis (12/9/2024).

Michael menjelaskan bahwa setelah pimpinan definitif lengkap, DPRD Banyuwangi akan mengirimkan SK penetapan pimpinan ke Gubernur Jawa Timur. “Setelah itu, kami akan membentuk alat kelengkapan dewan (AKD),” tambahnya.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, PDI Perjuangan memperoleh 11 kursi, PKB 9 kursi, sementara Partai Demokrat dan Golkar masing-masing meraih 7 kursi. Perolehan suara terbanyak memberikan PDI Perjuangan hak untuk mengisi posisi Ketua DPRD, sementara tiga partai lainnya berhak atas posisi Wakil Ketua.

Pascapelantikan pada 21 Agustus 2024, DPRD Banyuwangi telah menyelesaikan pembahasan tata tertib (tatib) dewan yang baru. Sebanyak 22 Bab dan 170 Pasal telah disepakati pada Rabu (11/9/2024).

“Tatib sudah selesai dibahas, tinggal penyempurnaan sebelum diparipurnakan,” kata Michael. Selanjutnya, dewan akan mengajukan fasilitasi tatib tersebut ke Gubernur Jawa Timur.

Selain empat partai tersebut, tiga partai lain juga berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Banyuwangi, yaitu Partai NasDem dengan 7 kursi, Gerindra 6 kursi, dan PPP 3 kursi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari PDI Perjuangan mengenai calon yang akan diajukan untuk posisi Ketua DPRD Banyuwangi.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.