Bupati Ipuk Dorong Petani Banyuwangi Terapkan Sistem Pertanian Organik

by -509 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani terus mendorong petani di daerahnya untuk mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia dan beralih ke pupuk organik. Melalui program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Ipuk rutin bertemu kelompok tani untuk mempromosikan sistem pertanian organik.

Kini, banyak kelompok tani telah memproduksi pupuk organik sendiri dengan memanfaatkan limbah organik setempat. Contohnya, petani di Kecamatan Rogojampi berhasil memproduksi pupuk Nitrogen Fosfor Kalium (NPK) cair dari limbah dapur seperti kulit nanas dan kacang kedelai.

iklan aston

“Saya senang banyak kelompok tani di Banyuwangi yang perlahan beralih ke pupuk organik. Sebelumnya, ada kelompok yang memanfaatkan kotoran ternak untuk diolah menjadi pupuk cair organik,” ujar Ipuk saat mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rogojampi pada Kamis (4/7/2024).

Ipuk menekankan bahwa pembuatan pupuk organik relatif mudah karena bahan-bahannya banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Penggunaan pupuk organik tidak hanya menekan biaya produksi, tetapi juga meningkatkan hasil panen dan menyuburkan tanah.

“Saya meminta Dinas Pertanian dan penyuluh petani untuk terus melakukan pendampingan dan pelatihan agar para petani bisa memproduksi dan beralih ke pupuk organik,” tambah Ipuk.

Feby Cahayaningrum, koordinator BPP Rogojampi, menjelaskan bahwa mereka rutin melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik di 20 desa di Kecamatan Rogojampi dan Blimbingsari. “Saat ini sudah banyak petani yang mengurangi dosis atau bahkan benar-benar beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik. Bahkan ada tiga kelompok tani yang mendapat sertifikasi organik,” kata Feby.

Menurut Feby, penggunaan pupuk organik dapat mengurangi 30 hingga 50 persen biaya produksi petani, sehingga meningkatkan keuntungan mereka.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.