Desa Mejayan Madiun Operasikan Tempat Pembuangan Sampah yang Berbasis TPS3R

by -3046 Views
Kepala Desa Mejayan Gunawan Wibisono saat meninjau sampah di TPS desanya Foto : Puguh/seblang.com
Girl in a jacket

Madiun, seblang.com – Masalah sampah seakan tidak ada habisnya. Permasalahan sampah sudah menjadi persoalan serius baik di kota maupun pedesaan. Namun, hal itu tidak berlaku bagi desa yang ada di jantung kota Kabupaten Madiun,dyaitu Desa Mejayan,Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun.

Melalui KMP Guna Berseri, pihak desa mengoperasionalkan kegiatan TPS dengan program yang dinamakan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle) merupakan tempat pengelolaan sampah yang dikonsepkan untuk Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Mejayan

iklan aston

Menurut Kepala Desa Mejayan Gunawan Wibisono, jika TPS yang ada di wilayahnya tersebut sudah mulai dioperasikan sejak tanggal 15 Mei lalu. Hal itu dikarenakan, pihaknya masih melakukan sosialisai-sosialiasi terhadap masyarakat tentang fungsi TPS yang akan digunakan tersebut.

Lokasi TPS Guna Berseri Desa Mejayan Foto : Puguh/seblang.com

“TPS sudah mulai kita operasikan setelah kami (Pihak Desa) selesai memberikan sosialisasi menyeluruh terhadap semua dusun yang ada di wilayah Desa Mejayan. Jika di luar ada informasi yang beredar terkait tidak difungsikanya TPS tersebut itu tidak benar. Karena sebelum kita benar-benar menguasai terkait pengendalian sampah, semua akan sia-sia jika tidak dilandasi dengan pengetahuan,” ungkap Kepala Desa Mejayan kepada seblang.com,Rabu,22/05/2024.

Dijelaskan lebih lanjut, jika untuk mengoptimalkan  pengoperasian TPS, pihak desa juga akan mengundang tenaga ahli dari perusahaan Pupuk Kaltim untuk memberikan pelajaran serta wawasan kepada masayarakat setempat terkait pengelolaan sampah untuk menghasilkan pupuk organik.

“Kita tidak mau semerta-merta langsung mengoperasikan TPS jika Sumber Daya Manusia (SDM) kita belum memiliki bekal yang cukup, karena hal tersebut akan menjadikan sia-sia. Hari Selasa depan kita juga akan mengundang para ahli dari perusahaan Pupuk Kaltim guna memberikan pembelajaran dan sosialosasi pembuatan pupuk organik yang terbuat dari limbah sampah kepada pengelola TPS dan masyarakat. Tentunya hal itu akan menambah wawasan serta pembelajaran baru bagi pengelola serta masyarakat nantinya,” tegasnya.

Gunawan berharap, ke depan KPM Guna Berseri melalui TPS desa tersebut mampu memberikan kontribusi unggulan melalui pengelolaan sampah yang tepat dan berguna.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.