Ketua KTH Banjarejo Apresiasi Program KTLGK Polres Batu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

by -230 Views
Girl in a jacket

Batu, seblang.com – Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Banjarejo, Kiswanadi, mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas program Kampung Tangguh Lereng Gunung Kawi (KTLGK) yang telah berlangsung selama kurang lebih 3 bulan diinisiasi oleh Polres Batu Polda Jatim.

Menurut Kiswanadi, program tersebut sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas, serta berdampak positif pada ketahanan pangan jangka panjang melalui penanaman pohon komoditas pangan.

iklan aston

“Saya selaku Ketua KTH Desa Banjarejo sangat berterima kasih atas program KTLGK ini. Kami berharap program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujar Kiswanadi pada Rabu (6/3).

Kiswanadi juga mengungkapkan bahwa telah berhasil menanam 3.150 bibit pohon alpukat di atas lahan seluas 10 hektar dengan menggunakan pupuk organik untuk menjaga kesehatan tanah.

“Pupuk yang digunakan pada program ini adalah pupuk organik,” tambahnya.

Wakapolres Batu, Kompol Jeni Al Jauza, menekankan pentingnya penggunaan pupuk organik dalam meningkatkan kesuburan tanah dan mendukung keseimbangan lingkungan.

“Kami berharap dapat mengurangi risiko pencemaran air dan tanah oleh zat-zat kimia berbahaya serta membantu menjaga keseimbangan ekosistem,” ujar Kompol Jeni.

Kompol Jeni juga menyampaikan harapannya bahwa tanaman yang diberi pupuk organik akan menghasilkan buah yang lebih berkualitas dari segi rasa dan gizi.

“Program ini memiliki tujuan jangka panjang untuk mendukung keberlanjutan program Wisata Kampung Tangguh, di mana kedepannya akan dikembangkan Wisata Petik Alpukat,” tambahnya.

Program KTLGK ini melibatkan para petani dalam pengelolaan lahan pohon alpukat seluas 33,6 hektar, dengan tujuan menciptakan potensi ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Dengan kolaborasi antara pihak Kepolisian, instansi terkait, dan petani, diharapkan dapat menciptakan kerjasama yang menguntungkan bagi semua pihak,” pungkas Kompol Jeni.

Program Kampung Tangguh ini bertujuan untuk membangun komunitas yang mandiri, tahan bencana, dan berdaya dalam menghadapi berbagai tantangan dengan mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjalankan program KTLGK demi meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat,” tandas Kompol Jeni. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.