Peserta Kejurkab Atletik Banyuwangi Tahun 2024 Membludak dan Lampaui Target Panitia

by -806 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Peserta lomba kelompok usia SD/MI sampai dengan SMA/SMK/MA yang akan tampil dalam Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Atletik Banyuwangi Tahun 2024 melebihi ekspektasi dari panitia pelaksana Kejurkab Atletik yang digelar dalam triwulan pertama 2024.

Tercatat lebih dari 800 peserta akan tampil dalam lomba yang akan digelar di lapangan Atletik Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi pada Sabtu, 2 Maret 2024 besok.

iklan aston

Menurut Ketua Pengkab PASI Banyuwangi, Agus Sujiyono, jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan atletik tahun ini membludak dan jauh melebihi target yang diharapkan oleh panitia pelaksana.

“Perkiraan kami Kejurkab Atletik Banyuwangi Tahun 2024 akan diikuti oleh sekitar 300-400 peserta. Ternyata dengan menggelar KU-8 dan KU-10 tahun jumlah peserta yang mendaftar melebihi ekspektasi pengurus PASI Banyuwangi sekitar 850 peserta,” ujar Agus setelah Technical Meeting Kejurkab Atletik Banyuwangi 2024 di Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi pada Jumat (1/3/2024).

Dia menuturkan dengan banyaknya peserta yang tampil dalam lomba yang digelar diharapkan program pembinaan atletik di Banyuwangi lebih bisa maksimal.

Bahkan ada rencana PASI Banyuwangi akan menggelar Liga Atletik secara berkala setiap 3 bulan sekali. Sehingga berdasarkan hasil pelaksanaan Kejurkab Atletik Banyuwangi 2024 yang digelar jajaran pengurus akan secepatnya menggelar rapat evaluasi sekaligus mematangkan even atletik selanjutnya, tambah Agus.

Selanjutnya dia menambahkan dengan adanya kejuaraan atletik yang kontinyu diharapkan para atlet lebih giat berlatih sehingga program pembinaan dan peningkatan prestasi atletik Banyuwangi lebih maksimal.

“Jadi potensi kedepan khususnya untuk anak-anak SD apabila mereka bisa juara pasti menjadi kebanggaan dan mendapatkan kemudahan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga akan mengajak temanya untuk ikut berlatih dan kejuaraan di masa mendatang,” imbuh Agus.

Lebih lanjut dia mengungkapkan dalam upaya mengembalikan kejayaan pelari Banyuwangi dalam nomor jarak menengak, jauh dan half marathon serta marathon PASI Banyuwangi berkolaborasi dan bekerja sama dengan para pihak pada tahun ini akan menggelar lomba lari 5 KM, 10 KM, Half Marathon dan Marathon.

“Untuk langkah awal untuk jenjang SD/MI KU-8 dan KU-10 akan dilaksanakan lomba lari 1.000 Meter, jadi arah kami kesana untuk melakukan rekrutmen atlet lari jarak jauh . Kalau mengacu pada tahun 90-an Banyuwangi dikenal tangguh untuk lari jarak menengah dan jauh,” tambah Agus.

Pada sekitar 2003 Banyuwangi mempunyai lintasan atletik program pembinaan atletik bergeser ke nomor-nomor sprint atau lari jarak pendek, 100 M, 200 M dan Estafet 100, 200 dan 400 M putra-putri.

Menurut Agus dengan memulai pembinaan pelari nomor jarak menengah dan jauh dalam beberapa tahun kedepan pihaknya berharap Banyuwangi kembali berjaya dalam nomor lari jarak menengah dan jauh di tingkat Jawa Timur maupun di level nasional.

”Pada tahun ini kami bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga akan mengadakan lomba lari 5.K, 10 K, Half Marathon dan Marathon. Saat ini masih dalam pembahasan semoga bisa terlaksana,”pungkas Agus.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.