Distribusikan Logistik Pemilu 2024, KPU Jember Prioritaskan ke Daerah Paling Jauh

by -318 Views
Girl in a jacket

Jember, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, mulai melakukan tahapan distribusi logistik ke daerah paling jauh.

Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in mengatakan, pendistribusian logistik itu diutamakan di wilayah yang paling jauh. Supaya nantinya mempercepat proses distribusi.

iklan aston

“Hari ini tanggal 10 Februari 2024, memang dilakukan pendistribusian logistik secara serentak di tingkat nasional. Kita sudah mengajukan izin secara khusus untuk mendistribusikan logistik lebih awal,” ucap Syai’in saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Gudang Gedung Temprina, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kaliwates, Sabtu (10/2/2024).

Kemudian, pendistribusian logistik Pemilu 2024 tersebut, dilakukan sesuai dengan hasil pemetaan yang paling jauh. Yakni berada di wilayah Dapil 6 dan 7 di Kabupaten Jember.

Diketahui, untuk wilayah Dapil 6 mencakup wilayah Kecamatan Jombang, Kencong, Gumukmas, dan Puger. Sedangkan Dapil 7, meliputi wilayah Kecamatan Sumberbaru, Umbulsari, Tanggul, Semboro, dan Bangsalsari.

“Memang kita kemarin melakukan pemetaan terkait logistik yang terjauh kita dahulukan. Awal di tahap satu di distribusi logistik ada dapil 6 dan Dapil 7,” ungkapnya.

Untuk pendistribusian logistik, lanjut Syai’in saat ini sudah mulai memasuki tahap ketiga.

“Sementara itu, berdasarkan data sebanyak 26.067 logistik pemilu di lima kotak suara sudah didistribusikan secara bertahap. Sedangkan hari ini distribusi logistik ke Kecamatan Rambipuji, Sukorambi, Panti, dan Arjasa,” ulasnya.

Untuk pendistribusian logistik itu, saat ini Kabupaten Jember sudah mencapai 95 persen. sehingga target distribusi dipastikan selesai dalam beberapa hari kedepan.

“Insyallah targetnya dalam 2-3 hari ini kita akan selesaikan untuk distribusi logistik di 31 Kecamatan,” ujarnya.

“Kemudian tinggal mengikuti pendistribusian di wilayah kota saja seperti di Dapil 1 sampai 5,” sambungnya.

Lebih lanjut, Syai’in menyampaikan, untuk mengantisipasi cuaca ekstream. Pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan khusus, agar pendistribusian logistik tidak ada kendala apapun.

“Kita sudah mengantisipasi ketika nantinya turun hujan. Karena ada lapisan plastik ganda di dalam dan luar kotak suara, kemudian truk pengangkut logistik juga sudah menggunakan terpal berlapis,” tandasnya.

Pada kesempatan yang bersamaan, Bupati Jember Hendy Siswanto juga menyampaikan pendistribusian logistik pemilu, merupakan salah satu tahapan dari proses pelaksanaan pemilu serentak 2024.

Serta tetap menjaga dan mengawal Pemilu 2024 agar tetap aman dan kondusif.

“Saya berharap penyelenggara pemilu juga mengantisipasi logistik yang mudah rusak. Apabila terkena air saat dilakukan pendistribusian ke sejumlah kecamatan,” singkat Hendy.

Perlu diketahui, berdasarkan data KPU Jember untuk jumlah warga yang masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2024, sebanyak 1.972.216 orang.

Yakni terdiri atas 997.449 orang pemilih perempuan, dan 974.767 orang pemilih laki-laki. Serta tersebar di 248 desa/kelurahan, dengan 7.706 tempat pemungutan suara (TPS ).////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.