Hadapi Musim Penghujan, PU Pengairan Banyuwangi Antisipasi Banjir

by -552 Views
Wartawan: M. Yudi Irawan
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Foto : Kadis PU Pengairan Banyuwangi, Ir. Guntur Priambodo, MM., (yud).

Banyuwangi, seblang.com – Memasuki musim penghujan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi, telah bersiap diri menghadapi adanya bencana banjir.

iklan aston

Antisipasi yang telah disiagakan menurut Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Ir. Guntur Priambodo, MM., telah mengantisipasi adanya Human Eror. Jangan sampai seluruh petugas penjaga pintu – pintu air dari hulu sampai hilir lengah terhadap adanya kenaikan debit air, sehingga luapan air masuk ke permukiman warga.

Pihaknya juga telah mempersiapkan alat berat di titik – titik rawan banjir. Excavator ini digunakan saat terjadi adanya penyumbatan, salah satunya adanya pohon yang tumbang, hanyut sehingga menutup jalan air sungai. Alat ini bisa digunakan untuk mengantisipasi adanya hal tersebut.

Dipertengahan November Tahun 2023 lalu PU Pengairan Banyuwangi, telah merealisasi proyek normalisasi pada titik – titik sungai besar yang terjadi pendangkalan. Ini dilakukan agar di titik – titik tersebut air sungai tidak teejadi luapan, dan air bisa mengalir dengan lancar.

Pihaknya juga telah membuat rekayasa berupa bantuan rumah pompa seperti di Kampung Ujung, dan Kampung lebak, Banyuwangi, yang beberapa wakuu lalu terjadi banjir. Bantuan ini bisa digunakan saat air menggenangi rumah – rumah warga.

“Ini persiapan yang sudah kita siagakan dalam memasuki musim penghujan,” jelas Ir. Guntur Priambodo, MM., usai melaksanakan peringatan Hari Bhakti PU ke 78, di Dam Singir, Kecamatan Muncar, Kamis (14/12/2023). //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.