AMPD Kirim Surat ke BPD, Tanyakan Tindak Lanjut Pengunduran Diri Kepala Desa Plampangrejo

by -1638 Views
Foto : AMPD Plampangrejo, membahas kejelasan tindak lanjut pengunduran diri Kepala Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring. (yud)
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Aliansi Masyarakat Peduli Desa (AMPD) Plampangrejo, Kecamatan Cluring, berkirim surat ke Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Plampangrejo. Agenda tersebut berlangsung di sebuah Caffe milik warga desa setempat, Sabtu (11/03/2023) malam.

Dalam pembahasannya Ponirin Ketua AMPD Plampangrejo ke sejumlah media mengatakan, dirinya bersama warga yang lain mengulas tentang seputar pengunduran diri Kepala Desa (Kades) Plampangrejo. Karena saat audensi berlangsung pada 20 Oktober Tahun 2022 lalu, bertempat di Pendopo Desa Plampangrejo, kades mengucapkan siap mengundurkan diri dari jabatannya.

iklan aston

Kalimat itu diucapkan dihadapan warga yang tergabung di Aliansi Paku Wojo, AMPD Plampangrejo, dan Pemuda Rumping Bersatu. Dan saat itu juga, kades membuat surat pernyataan pengunduran diri. Pada intinya, menurut Ponirin surat pengunduran diri ini dibuat oleh kades sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

“Sudah lima bulan tak ada jawaban. Malam ini kita berkirim surat menanyakan tindak lanjut pengunduran diri kades ke BPD,” jelas Ponirin.

Surat dari Ponirin, tersebut kemudian diterima Ketua BPD Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, Agus Khoeroni SE. Mengenai jawabannya, ke sejumlah media dirinya masih menunggu rapat BPD.

Saat dikonfirmasi terkait tindak lanjut surat pengunduran diri tersebut pihaknya mengatakan, sudah mengirimkan surat permohonan pemberhentian kepala desa berdasar pada surat pernyataan pengunduran diri yang dibuat oleh Kades Plampangrejo, ke Bupati Banyuwangi.

Surat pengunduran diri Kades Plampangrejo, menurutnya sudah sampai di Kabag Hukum Pemda Banyuwangi, dan sudah melalui proses pembahasan bersama instansi terkait. Terkait perkembangannya menurutnya, surat itu masih akan dilaksanakan PDTT (Audit / Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu) bersama Inspektorat.

“Sudah saya tanyakan. Jawabannya akan dilaksanakan PDTT. Istilah itu saya kurang faham. Yang jelas surat pengunduran diri Kepala Desa Plampangrejo, sudah saya kirim lengkap dengan notulen beserta rekaman video saat momen audensi berlangsung,” jelas Agus Khoeroni SE.

Mendengar penjelasan dari Ketua BPD, Ponirin dan warga yang lain masih akan menunggu hasil rapat BPD. Jika tak ada kejelasan mengenai hal tersebut pihaknya akan menggelar demo, megirasikan tentang kejelasan surat pengunduran diri yang telah dibuat dan diserahkan kades ke BPD Plampangrejo.

“Kita hanya ingin mendapatkan jawaban,” ungkap Ponirin.

Disinggung soal agenda audensi 20 Oktober Tahun 2022 lalu bertempat di pendopo desa setempat Ponirin mengatakan, audensi itu membahas 9 item APBDes, yang diduga bermasalah, dihadiri AMPD Plampangrejo, Paku Wojo, Pemuda Rumping Bersatu, Ketua dan Anggota BPD Plampangrejo, Kepala Desa, beserta seluruh Perangkat Desa Plampangrejo, Babinsa, dan Babin Kamtibmas Desa Plampangrejo.

“Saat menjawab pertanyaan, kades mengucapkan siap pengunduran diri. Ucapan itu disaksikan warga. Sementara 9 item yang ditanyakan, belum terjawab sepenuhnya. Jika tak ada kejelasan mengenai pengunduran diri Kades Plampangrejo, kita akan berdemo,” pungkas Ponirin./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.