Mahasiswa IAI Ibrahimy Ikuti Progam FGD SAPA di Desa Sumbermulyo

by -426 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com –  Dalam rangka program FGD pembentukan kader SAPA ( Sahabat Perempuan & Anak) di Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran.

Mahasiswa KKN dari Kampus IAI Ibrahimy Genteng, Banyuwangi melangsungkan progam acara sosialisasi dan pembentukan kader SAPA pada tanggal 23 Agustus 2022 bertempat di kantor Desa Sumbermulyo.

iklan aston

Acara tersebut dihadiri perwakilan pokmas, tokoh Agama, LPMD, BPD, Fatayat, Muslimat, UMKM, Migran Care serta Forum Anak Desa Sumbermulyo.

Kegiatan tersebut dibuka Oleh dosen pembimbing lapangan, Moh. Erlangga M. Li, yang juga turut hadir kepala Desa Sumbermulyo, Subali S.H.selaku dalam pembukaan  Focus Grup Discussion (FGD) SAPA tersebut.

Selain itu dua narasumber turut dihadirkan yakni Taufiq Qurrohman S.H selaku pendamping Lokal Desa Kecamatan Pesanggaran dan Meliantina M. Pd selaku Ketua Pusat Gender dan Anak Institut Agama Islam  Ibrahimy serta  Ilham Layli Mursidi selaku perwakilan KKN yang bertugas menjadi moderator.

Dalam hal ini Taufiq Qurrohman S.H memberikan pemaparan dengan beberapa  poin penting diantaranya  keterlibatan perempuan Desa dan Target Kesetaraan serta Optimalisasi peran perempuan dalam pembangunan Desa.

Dalam paparannya, narasumber menekankan bahwa partisipasi aktif perempuan seharusnya tidak hanya diartikan aktif dalam hal permusyawaratan saja akan tetapi perempuan harus aktif dalam perencanaan pembangunan desa maupun isu-isu yang ada didesa dan Upaya ini diharapkan dapat memperkecil ruang ketidakadilan dalam permasalahan Gender di desa sumbermulyo serta keterlibatan.

” Jadi bagaiman kita memformulasikan permasalahan gender yang terjadi, peranan perempuan harus banyak terlibat secara aktif dalam pembangunan didesanya dan ada berbagai aspek yang harus dilakukan termasuk perencanaan pembangunan desa ” ujar Taufiq

Sementara itu Meliantina M. Pd turut memberikan memaparkan terkait kesetaraan Gender. Bahwasanya perempuan dan laki – laki mempunyai hak yang sama. Tidak hanya itu dengan adanya landasan hukum perundang-undangan terkait kesetaraan hak, perempuan diharap mampu memupuk kesadaran berpartisipasi

Dan tidak hanya hak perempuan dirinya juga menjelaskan prihal hak anak juga harus menjadi perhatian khusus yang  harus terpenuhi  karena melihat progam yang dicanangkan  adalah progam sahabat perempuan dan anak.////

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemilihan calon pengurus Kader SAPA melalui tahap musyawarah bersama. Dalam pemilihan tersebut terpilihlah formatur ketua SAPA yaitu Alfan Mustain S. Sos dan dilanjut dengan struktur pengurus lainnya.

” Kami sebagai mahasiswa KKN mengucapkan trimakasih kepada narasumber atas ilmunya untuk kita, pemerintah desa yang turut memberikan fasilitas terbaik mendukung progam ini, dari pihak kampus IAI Ibrahimy serta rekan rekan jurnalis semoga dengan adanya sinergitas ini menjadikan dunia pendidikan lebih baik dalam mencerdaskan kegidupan bangsa” ujar Ilham Layli Mursid perwakilan Mahasiwa KKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.