Menuju Unesco Global Geopark, Pegiat Media Sosial di Banyuwangi Siap Dukung Geopark Ijen

by -487 Views
Buka Bersama Banyuwangi Social Media Network (BSMN) Banyuwangi di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com –  Para pegiat media sosial yang tergabung dalam Banyuwangi Social Media Network (BSMN) Banyuwangi terus mendukung upaya pelestarian dan perkembangan Geopark Ijen. Salah satunya dengan menginformasikan secara rutin potensi-potensi yang terdapat pada kawasan Geopark Ijen di Banyuwangi.

Seperti yang sudah sering mereka lakukan dengan secara massal memposting kawasan situs-situs yang masuk Geopark Ijen di Banyuwangi.

Dalam acara berbuka bersama BSMN dan beberapa pemuda Banyuwangi yang diselenggarakan di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi turut hadir Ketua Geopark Ijen, Abdillah Baraas. (13/04/2022).

Abdillah menyatakan bahwa geopark kedepannya akan menjadi branding baru bagi Banyuwangi. Karena keunikan Geopark Ijen mulai dari pantai selatan yang merupakan jejak gunung api purba yang berumur sekitar 30 juta tahun lalu dan sekarang gunungnya berpindah ke utara sejauh 51km.

Dan saat ini masyarakat Banyuwangi perlu bersyukur bahwa daerah ini dikelilingi 3 kawasan konservasi;  Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Merubetiri dan  Cagar Alam Ijen.

Sehingga pada saat berkunjung ke Geopark ijen, wisatawan tidak hanya mempelajari wisata semata. Namun juga dapat mempelajari bidang geologi, biologi maupun budaya di daerah yang dikenal sebagai serpihan tanah sorga di ujung timur Pulau Jawa ini. Hal tersebut bisa menjadi variasi alasan orang untuk mengunjungi Geopark Ijen.

“Di Geopark Ijen kita dapat mempelajari banyak ilmu, seperti geologi, hewan dan tumbuhan sampai dengan adat tradisi dan seni kebudayaan sehari-hari masyarakat Banyuwangi,” jelas Abdillah

Selanjutnya Yudhi Anjar, Ketua BSMN Banyuwangi yang hadir dalam kegiatan buka bersama mengaku sangat mendukung upaya Geopark Ijen menuju Unesco Global Geopark.

” Kami pegiat media sosial di Banyuwangi sangat mendukung potensi yang dimiliki Banyuwangi. Hal ini tentunya akan terus berkembang dan akan terus tergali potensi-potensi di tiap daerah. Oleh karena itu saya berharap teman-teman untuk  terus memberikan support situs-situs Geopark Ijen terutama yang ada di Banyuwangi,” ujar Anjar.

Adapun situs-situs yang terdapat di Geopark Ijen saat ini meliputi antara lain; 21 situs geologi, 6 situs biologi, 10 situs budaya benda dan 8 situs budaya tak benda.

Situs- situs tersebut adalah laboratorium alam yang dimiliki oleh rakyat yang menjadi tempat belajar berbagai elemen masyarakat, akademisi, dan tentunya menjadi destinasi menarik untuk berwisata.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.