Lebarkan Sayap, AMSI Maluku Utara Resmi Dideklarasikan

by -773 Views
Girl in a jacket

Ternate, seblang.com – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) melebarkan sayapnya hingga ke Maluku Utara dengan ditandai pendeklarasian yang diikuti oleh 10 media online Wilayah Indonesia Timur di Royal Resto, Kota Ternate,  Sabtu (18/2/2023)

Proses deklarasi AMSI Maluku Utara ini dihadiri oleh Koordinator Wilayah Indonesia Timur AMSI, Upi Asmaradhana. Adapun media online yang tergabung diantaranya, Kabarpulau.co.id, Cermat.co.id, Halmaherapost.com, Tandaseru.com, Halmaheranesia.com, Malutpost.id, Malut.kaidah.id, Kalesang.id, Fajarmalut.com, Jurnalone.id.

--

Sebelum deklarasi, kegiatan dimulai dengan Seminar bertema ‘Bisnis Media Siber Sehat dan Profesional di Tahun Politik’. Seminar ini menghadirkan dua pembicara, yakni Upi Asmaradhana, dan Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat.

Seminar yang dipandu pemimpin redaksi Kabarpulau.co.id, Mahmud Ici itu juga dihadiri Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, dan Sekretaris Jenderal AMSI, Wahyu Dyatmika, melalui aplikasi layanan konferensi video.

Selain itu, hadir juga sejumlah tokoh dan pejabat di Maluku Utara, baik dari Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Bawaslu Kota Ternate, hingga insan pers lainnya.

Usai deklarasi, dilanjutkan dengan Konferensi Wilayah (Konferwil) perdana AMSI Maluku Utara. Saat jalannya sidang-sidang, semua anggota menyepakati Wendi Wambes sebagai ketua dan Firjal sebagai sekretaris AMSI Maluku Utara. Keduanya pun akhirnya terpilih secara aklamasi, dengan masa kepengurusan 2023-2026.

Dalam kesempatan itu, Upi Asmaradhana, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada 10 media anggota AMSI Maluku Utara, yang telah sukses melaksanakan seminar, deklarasi, hingga konferwil pertama bagi AMSI Maluku Utara.

“Dengan berdirinya AMSI di wilayah Maluku Utara, maka akan menggenapkan AMSI Wilayah di Indonesia menjadi 25 wilayah,” ucap Upi.

Ia menjelaskan, total saat ini anggota AMSI sudah mencapai 423 media yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

“AMSI sendiri sebenarnya didirikan untuk sebuah entitas bisnis media yang sehat dan selalu memperhatikan konten-konten yang berkualitas,” katanya.

Sementara itu, ketua terpilih, Wendi menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dan Firjal untuk menjalankan AMSI Maluku Utara. /////

“Tentu sangat berterima kasih atas amanahnya. Oleh karena itu, setelah itu kita akan secara bersama-sama mendorong iklim yang baik bagi AMSI, sebagaimana tujuan AMSI yang sudah dijelaskan Bang Upi,” ucap Wendi.

Ia mengatakan, tujuan AMSI untuk meningkatkan kualitas jurnalis dan iklim bisnis perusahaan media akan menjadi fokusnya, sehingga media-media anggota AMSI Maluku Utara dapat berkembang secara profesional.

“Kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas jurnalis, baik dari produk berita dan konten, kemudian terus meningkatkan bisnis perusahaan media, supaya iklim demokrasi di daerah ini dapat dikawal dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.