Plt. Kadinkes Banyuwangi Sebut Klinik Yang Mencetak Hasil Rapied Sebelum Pemeriksaan Tak Memiliki Rekomendasi dari Dinkes Banyuwangi

by -2535 Views
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, S.KM., M.Si
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, S.KM., M.Si, menyayangkan adanya sebuah Klinik yang mencetak hasil rapid tes Negatif sebelum dilakukan pemeriksaan terhadap pasien. Meskipun  berdalih efisiensi.

Menurutnya, hal tersebut sudah menyalahi protap standar operasional yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

iklan aston

“Itu tak diperkenankan, karena menyalahi aturan protap Kemenkes. Hasil (rapid test) itu harus dari proses analisa. Itu sudah membuat opini lebih awal sebelum pemeriksaan,” kata Amir kepada wartawan di dalam ruang kerjanya, Rabu (8/12/2021).

“Ini karena ketahuan (klinik itu beralasan Efisiensi :red) kalau tidak ketahuan?,” ujar Amir sambil geleng-geleng Kepala.

Amir menambahkan, klinik yang diduga menyalahi aturan protap Kemenkes tersebut, beberapa waktu lalu mendatangi Dinas Kesehatan Banyuwangi meminta surat izin rekomendasi praktik di kawasan pelabuhan Ketapang.

Namun karena regulasi yang berlaku, Klinik asal Surabaya itu tidak mendapatkan rekomendasi  untuk membuka unit cabang di Banyuwangi.

“Beberapa waktu lalu klinik asal Surabaya itu mengajukan izin rekomendasi. Namun, berdasarkan regulasi yang berlaku saat ini, kalau gak salah pasal 9 di Permenkes, kita tidak boleh memberikan rekomendasi klinik yang berasal dari luar kota untuk membuka unit cabang di Banyuwangi,” kata Amir.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Banyuwangi pun telah bersurat resmi memberikan jawaban kepada pihak klinik dalam proses pengajuan rekomendasi. “Isi surat jawabannya kemarin, Kita (Dinas Kesehatan Banyuwangi : red) tidak dapat memproses izin yang saudara (klinik dari Surabaya : red) ajukan,” ungkap Amir.

Sehingga dengan tak mendapatkan rekomendasi tersebut, Dinas Kesehatan Banyuwangi tidak  bertanggung jawab atas hasil rapid tes yang dikeluarkan klinik itu .

” Kita tidak bertanggung jawab terhadap hasil dan produk analisa nya. Jika masih nekat melayani kita akan hentikan dan tutup,” pungkasnya. //

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.