Paslon Ipuk-H Sugirah Diyakini Mampu Membuat Petani Tersenyum

by -264 Views
Asmui, Ketua Gapoktan Tani Makmur desa Olehsari Glagah Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-H. Sugirah yang menyiapkan asuransi untuk petani, peternakan dan kelompok nelayan serta bantuan benih dan pupuk untuk petani diyakini mampu membuat para petani Banyuwangi tersenyum dan bahagia. Pernyataan tersebut disampaikan Asmui, Ketua Gerakan Kelompok Tani (Gapoktan) “Tani Makmur” Desa Olehsari kecamatan  Glagah Banyuwangi ketka ditemui di rumahnya Kamis (29/10).

Menurut pria berusia 70 tahun itu, sebenarnya yang diharapkan para petani di desa cukup sederhana, dimana kebutuhan petani antara lain: tersedianya pupuk, pembangunan saluran irigasi untuk para petani dan fasilitas jalan yang bagus di sekitar area pertanian yang memudahkkan petani mengangkut hasil panenan mereka.

iklan aston

“Harapan kami kepada paslon Ipuk- H Sugirah (yang berasal dari petani) apabila menjadi  Bupati-wakil bupati Banyuwangi jangan sampai petani mengeluh pada saat membutuhkan pupuk bersubsidi, seperti kelangkaan yang terjadi saat ini. Sehingga petani harus membeli pupuk non subsidi yang harganya mahal dan tidak sebanding dengan hasil pertanian yang dihasilkan,”pinta Pak Mui.

Ayah empat anak itu menambahkan program pemberian bantuan pupuk dan benih untuk para petani serta kenaikan alokasi Dana Desa (DD) untuk menuntaskan infrastruktur jalan desa yag ditawarkan paslon Ipuk-H. Sugirah diharapkan mampu menjadi solusi bagi permasalahan para petani yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Selanjutnya pria asli desa Olehsari itu menuturkan permasalahan lain yang ada pada petani dengan segala keterbatasan yang dimiliki, tidak semua mau mengurus Kartu Tani yang menjadi salah satu persyaratan untuk bisa membeli pupuk bersubsidi. Demikian pula anjuran pemerintah untuk beralih pada pupuk organik tidak sepenuhnya Gapoktan bisa menerapkan di lapangan.

Kendala lain yang dihadapi kelompok tani dalam melakukan pola tanam secara serentak sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai kehidupan hama tanaman seperti antara lain; tikus, wereng dan virus juga tidak mudah dilaksanakan karena terkadang sebagian masyarakat terpaksa tidak bisa melakukan karena tuntutan kebutuhan keluarga mereka, imbuh Ketua Gapoktan yang membawahi lima kelompok tani di Desa Olehsari tersebut.

Lenbih lanjut sebagai ketua Gapoktan yang memiliki lahan pertanian sekitar 250 hektar, Pak Mui yang mengalami tiga jaman (orde lama, orde baru dan orde reformasi ) kembali mengingatkan harapan sederhana para petani yang menjadi anggotanya yaitu tersedianya pupuk bersubsidi yang cukup, adanya saluran irigasi pertanian dan fasilitas jalan desa sebagai urat nadi perekonomian masyarakat desa.

” Harapan para petani di desa semua sudah ada dalam program yang ditawarkan oleh paslon Ipuk-H Sugirah semoga Tuhan memberikan ridloNya agar mampu menang dalam pemilihan bupati Banyuwangi mendatang,” ujar Asmui.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.