Camat Cluring Ajak Masyarakat Gotongroyong Bantu Warga Terdampak Puting Beliung

by -606 Views
Penyerahan bantuan sembako TRC BPBD Banyuwangi di kantor desa Sraten kecamatan Cluring Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Sebagai bentuk empati dan kepedulian Camat Cluring melalui pemerintah desa (Pemdes) Sraten kecamatan Cluring Banyuwangi bersama menggerakkan partisipasi warga masyarakat untuk bergotong royong dan kerjabakti memperbaiki rumah warga dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat hujan yang disertai angin kencang Jumat lalu.

Menurut Yoppy Bayu, Camat Cluring selain bantuan dari BPBD dan instansi lain, Pemdes Sraten juga sudah menyiapkan bahan bangunan yang dikhususkan untuk membantu bagi warga tidak mampu yang tetdampak musibah tersebut.”Disamping itu juga akan memberikan bantuan sembako khususnya bagi warga miskin yang terdampak dan terus berupaya menggerakkan partisipasi warga masyarakat diluar desa Sraten untuk bahu membahu membantu warga terdampak,”jelasnya.

iklan aston

Menurut dia berdasarkan data yang ada, puting beliung yang menimpa desa Sraten telah mengakibatkan kerusakan agak parah sekitar 30 rumah warga (butuh penggantian material seperti asbes, genteng dan lain-lain. Selebihnya sekitar 30 rumah butuh pembenahan namun tanpa penggantian material. Kemudian untuk fasilitas umum (Fasum) sebagian kecil atap sekolah MI dan Masjid atapnya mengalami kerusakan ringan.

Yoppy mengingatkan menghadapi anomali cuaca dan masuk puncak musim penghujan pihaknya menghimbau warga agat tetap waspada dan menjaga keselamatan pribadi dan keluarga.”Disamping itu bagi rumah-rumah penduduk yang memiliki tanaman/pepohonan yang ada disekitar rumah disarankan untuk dipangkas untuk menghindari dampak yang lebih buruk jika terjadi musibah serupa di masa mendatang,”ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Banyuwangi bergerak cepat dalam memberikan bantuan dan penanganan darurat pada masyarakat yang menjadi korban musibah angin puting beliung yang terjadi di dusun Krajan desa Sraten kecamatan Cluring kabupaten Banyuwangi Jumat (5 /02/ 2021) kemarin.

Menurut Eka Muharam, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, karena terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang telah mengakibatkan sebagian atap bangunan rumah warga mengalami kerusakan, beberapa pohon tumbang dan listrik padam.

Selanjutnya dia menuturkan pertolongan darurat lanjutan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (6/02/ 2021) BPBD Banyuwangi bersama TNI/Polri, Relawan dan warga sekitar , membantu perbaikan atap rumah dengan pemasangan genteng dan membersihkan material robohan bangunan milik warga.

Selain itu BPBD bersama tim yang terlibat menyerahankan bantuan darurat berupa kebutuhan dasar/sembako kepada masyarakat terdampak yang kurang mampu, sebanyak 16 paket sembako yang diserahkan kepada kepala desa (Kades) Sraten.

Wartawan: Nurhadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.