Gerak Cepat BPBD Banyuwangi Bantu Korban Puting Beliung

by -332 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Banyuwangi bergerak cepat dalam memberikan bantuan dan penanganan darurat pada masyarakat yang menjadi korban musibah angin puting beliung yang terjadi di dusun Krajan desa Sraten kecamatan Cluring kabupaten Banyuwangi Jumat (5 /02/ 2021) kemarin.

Menurut Eka Muharam, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, karena terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang telah mengakibatkan sebagian atap bangunan rumah warga mengalami kerusakan, beberapa pohon tumbang dan listrik padam.

iklan aston

Akibat peristiwa tersebut berdasarkan data yang tercatat oleh petugas BPBD Banyuwangi antara lain; 1 orang korban mengalami luka ringan sudah mendapatkan perawatan di Puskesmas. 27 rumah mengalami kerusakan dengan klasifikasi rusak sedang 15 Rumah dan rusak Ringan 12 Rumah serta fasilitas umum (Fasum) yaitu 1 musholla dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengalami rusak ringan.

”Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyuwangi melakukan assesment bersama perangkat desa dan bersama relawan serta TNI/POLRI melakukan pertolongan darurat pemotongan dan evakuasi pohon tumbang. Karena sudah malam disepakati bersama penanganan dilanjutkan hari Sabtu (6 /02/2021) gotong royong membersihkan puing-puing sisa reruntuhan dan perbaikan atap rumah warga. BPBD juga memberikan bantuan darurat kepada 16 KK warga terdampak berupa sembako,”jelas Eka Muharam

Selanjutnya unsur yang terlibat dalam penanganan musibah puting beliung antara lain; TRC BPBD Banyuwangi, TNI/ POLRI, SENKOM Mitra Polri, TAGANA, RAPI, Barisan Serba Guna (BANSER ) GP Ansor Banyuwangi dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya Eka menuturkan pertolongan darurat lanjutan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (6/02/ 2021) BPBD Banyuwangi bersama TNI/Polri, Relawan dan warga sekitar , membantu perbaikan atap rumah dengan pemasangan genteng dan membersihkan material robohan bangunan milik warga.

Selain itu BPBD bersama tim yang terlibat menyerahankan bantuan darurat berupa kebutuhan dasar/sembako kepada masyarakat terdampak yang kurang mampu, sebanyak 16 paket sembako yang diserahkan kepada kepala desa (Kades) Sraten.

Wartawan : Nurhadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.