Melalui Sosialisasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Ajak Masyarakat Terlibat Dalam Pengelolaan Sampah 

by -470 Views
Ket foto : Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun saat sosialisasi sampah di Kecamatan Sawahan Foto : puguh/seblang.com
iklan aston

Madiun, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengajak masyarakat Kecamatan Sawahan dalam sosialisasi pengelolaan sampah, utamanya sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Pengendali Dampak Lingkungan Hidup Ahli Muda bidang Persampahan Anggit Restu P, di sela sosialisasi yang dilaksanakan di kanto Kelurahan Sawahan pada Kamis,16/05/2024 lalu.

iklan aston

Anggit mengatakan, Peraturan Bupati yang disosialisasikan antara lain Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Sampah di Desa/Kelurahan dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pengurangan Sampah Plastik dan Styrofoam.

“Sosialisasi ini digelar agar masyarakat memahami dan ikut ambil peran, khususnya untuk pengelolaan sampah di desa masing-masing,” ujar dia.

Dalam kehidupan sehari-hari,sampah tidak bisa dihindarkan dari segala aktifitas yang manusia lakukan,baik itu kegiatan rumah tangga maupun kegiatan-kegiatan dari sebuah usaha dan perusahan.

“Sampah bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tetapi merupakan urusan bersama, sehingga masyarakat diminta untuk memahami pengelolaan sampah agar bermanfaat.”Terangnya gamblang kepada seblang.com

Menurut dia, sosialisasi digelar juga sebagai tindak lanjut dari Pasal 6 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Madiun Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah dan perubahannya pada Perda Kabupaten Madiun Nomor 4 Tahun 2021.

“Sampah pasti kita hasilkan setiap hari dari aktivitas kita. Jadi, bagaimana sampah ini kita kelola dengan baik agar tidak menimbulkan masalah,” Tambah Anggit.

Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut memahami tentang pengelolaan sampah. Dengan demikian, sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat Kabupaten Madiun.

Penulis : Puguh Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.