Bupati Blitar Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji 2024 Menuju Asrama Haji

by -2828 Views
Girl in a jacket

Blitar, seblang.com Bupati Blitar Rini Syarifah, menghadiri acara pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Blitar tahun 2024 yang diselenggarakan di halaman Pendopo Sasana Adhi Praja, Kanigoro, Kabupaten Blitar, pada Rabu (29/05/2024) sore.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Kepala Kemenag Kabupaten Blitar, Baharuddin, Kapolres Blitar, jajaran Forkopimda, asisten staf ahli, para kepala OPD, Ketua Baznas dan Ketua MUI Kabupaten Blitar.

iklan aston

Dalam sambutannya Bupati Rini Syarifah mengatakan bahwa menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.

“Ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang penuh makna dan memiliki nilai-nilai luhur yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Selain itu, bupati mengingatkan kepada para calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mengingat suhu di Makkah, Saudi Arabia, saat ini mencapai sekitar 40 derajat Celsius.

“Jaga dehidrasi, supaya dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan penuh khusyuk, serta kembali ke Blitar dengan sehat dan selamat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tambahnya.

Bupati Rini berpesan agar para jamaah menjaga kekompakan dan saling tolong-menolong antar sesama jamaah, serta selalu menjaga nama baik bangsa dan negara selama berada di Tanah Suci.

“Patuhilah peraturan dan tata tertib yang berlaku, hormatilah budaya dan adat istiadat setempat, serta jaga sikap dan perilaku agar mencerminkan citra positif bangsa kita,” pesan Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Baharuddin, menjelaskan bahwa Kabupaten Blitar akan memberangkatkan sebanyak 951 calon jamaah haji yang terbagi menjadi tiga kloter, yakni kloter 68, 69, dan 70, jumlah tersebut sudah termasuk Petugas Haji Daerah, pembimbing dari KBIHU, Ketua Kloter, pembimbing ibadah kloter, dokter dan paramedis.

Kloter 68 sudah berangkat pada pukul 02:00 WIB dini hari tadi, sedangkan kloter 69 dan 70 berangkat pukul 15:00 WIB. Pemberangkatan dilakukan dari Pendopo Sasana Adhi Praja menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Baharuddin juga menjelaskan bahwa panitia telah menyediakan 16 armada bus, termasuk bus cadangan dan ambulans untuk mengantisipasi kebutuhan para jamaah yang kurang sehat, juga pengawalan dari Polres Blitar untuk perjalanan menuju asrama haji.

“Kami telah memfasilitasi segala kebutuhan transportasi dan kesehatan demi kelancaran perjalanan para calon jamaah haji,” jelasnya.

Acara pemberangkatan berlangsung dengan khidmat, diiringi doa dari keluarga dan kerabat yang melepas keberangkatan para calon jamaah haji. Semoga seluruh jamaah haji Kabupaten Blitar dapat menjalankan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.