Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, PKB Ungkap Bisa Lewat Online

by -708 Views
Girl in a jacket

Jember, seblang.com  – DPC PKB Jember buka pendaftaran calon kepala daerah untuk ikut dalam kontestasi Pilkada 27 November 2024.

Pendaftaran bagi calon kepala daerah ke partai besutan Muhaimin Iskandar itu dapat dilakukan sejak 22 April 2024 sampai dengan 20 Mei 2024.

iklan aston

“Untuk pendaftaran calon kepala daerah saat ini. Dapat dilakukan secara online sesuai halaman web yang sudah di launching oleh DPP. Yakni di www.sicakada.pkb.id,” kata Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaedi saat konferensi pers di kantornya, Senin (22/4/2024).

Terkait syarat bagi calon kepala daerah yang akan mendaftar, lanjut Ayub, pihaknya tidak memberikan syarat tertentu. Bahkan, katanya, meskipun pernah ikut dalam organisasi terlarang ataupun organisasi apapun.

“DPC tidak boleh menolak siapapun yang akan mendaftar. PKB tidak membatasi siapapun untuk mendaftar, asal memenuhi syarat perundang-undangan. wajib WNI yang hak-hak politiknya masih diakui undang-undang,” ujarnya.

“Mau eks atau y asalkan punya syarat perundang-undangan itu silahkan. Tapi ranah nanti tetap akan ditentukan di DPP,” imbuhnya

Terkait pendaftaran, Ayub menambahkan, punya cita-cita, niat betul-betul mengabdi untuk kepentingan dan kebaikan Jember.

“Ketika diterima, tahapan berikutnya ikut UKK (Uji kelayakan kepatutan) minta surat pengantar ke DPC untuk mengikuti proses. Kemudian calon diberikan waktu oleh DPP untuk mengenalkan visi dan misinya kepada konstituen PKB. Nanti desk Pilkada yang punya konsepnya,” ulasnya.

“Jika ada calon yang sudah mendaftar, akan dapat ruang dan waktu, juga difasilitasi di 7 titik dapil untuk menyampaikan visi misinya secara internal. Kita tidak ingin calon kita beli kucing dalam karung. Jadi jelas siapa yang pantas untuk menjadi calon,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ayub menambahkan, terkait mengusung calon dalam Pilkada 2024 mendatang. PKB diakui tidak bisa mengusung sendiri.

“Karena tidak bisa usung sendiri, maka harus berkoalisi dengan partai lain. Karena kami kan 8 kursi. Sedang syarat minimal kan saat ini masih 10 kursi. Dengan dilakukan komunikasi politik. Komunikasi dengan beberapa partai politik kemarin sudah dilakukan. Komunikasi itu penting, dari komunikasi itu awal kemenangan,” ujarnya.

“Memang tahap awal masih NasDem, PKS, PPP, meskipun secara fisik belum ketemu langsung dengan PPP. Kedua saya (DPC PKB Jember) juga berkomunikasi dengan PDIP, juga dengan partai lain. Tapi untuk penyamaan persepsi. Kami juga memberikan ruang untuk kebijakan partai lain, melalui mekanisme ketentuan partainya masing-masing. Dari situ nanti kita jalan komunikasi, bisa klop tidak,” sambungnya.

Ayub juga menambahkan, meskipun baru membuka pendaftaran. Ayub mengungkapkan, jika ada dua calon yang sudah konfirmasi untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

Namun Ayub masih enggan untuk menyebut nama dua calon yang akan mendaftar dalam waktu dekat itu.

“Pendaftar di Jember akan mendaftar. Informasinya ada dua orang dan waktu dekat, dan mengkonfirmasi ke kami. Tapi belum resmi datang ke sini. Calon itu yang sudah banyak memasang gambar foto (banner) di Jember. Incumbent mau daftar juga boleh, tidak dibeda-bedakan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.