BI Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Alun-alun Jember, Tiap Orang Dijatah Rp4 Juta

by -192 Views
Bupati Jember Hendy Siswanto di acara penukaran uang
Girl in a jacket

Jember, seblang.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember bersama Perbankan, meluncurkan program penukaran uang baru yakni dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMB1) 2024.

Untuk lebaran 2024 kali ini, KPwBI Jember menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,9 Trilliun.

Untuk penukaran uang baru di Alun-alun Jember, KPwBI melayani 1.100 orang penukar yang memang sudah mengisi di website www.pintar.bi.go.id

“Jadi mereka (para penukar uang baru), sebelumnya sudah mengisi aplikasi Sipintar. Pastinya kami melayani penukar sesuai dengan jumlah yang ada di Sipintar,” ucap Kepala KPwBI Jember, Gunawan saat dikonfirmasi dilokasi penukaran, Selasa (2/4/2024).

“Ada 1.100 orang penukar, dan masing-masing orang maksimum kuotanya Rp4 Juta. Tahun sebelumnya, kuota penukaran per orang Rp3,8 Juta. Sedangkan tahun ini naik Rp 4 Juta,” sambungnya.

Selain di Alun-alun Jember, kata Gunawan, ada 8 titik yang juga melayani penukaran uang baru.

“Jadi hari ini puncaknya penukaran uang baru di Alun-alun Jember bersama dengan Pemkab dan Perbankan lainnya. Untuk uang disediakan penukaran hari ini sekitar 4M. Karena kan bervariasi, masyarakat ada yang tidak menukar  semua Rp 4 Juta. Tapi ada yang sesuai kebutuhan penukarannya,” ujarnya.

Untuk total uang tunai yang disediakan oleh KPwBI sebesar Rp1,9 Trilliun. Yakni meliputi wilayah kerjanya di Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Jember.

“Kami juga bekerjasama dengan Perbankan lainnya di 5 wilayah kerja Sekarkijang. Jadi totalnya dibulan ramadan tahun ini kami sediakan Rp1,9 Trilliun, dan kami sediakan sesuai kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Terpisah, Bupati Hendy Siswanto kegiatan SERAMBI 2024, merupakan rangkaian upaya Perbankan dan didukung oleh Pemkab Jember.

“Hari ini dari Bank Indonesia, OJK dan Perbankan lainnya membuka kegiatan penukaran uang baru. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sudah menjadi tradisi menjelang idul fitri,” ujar Hendy.

“Jadi untuk masyarakat yang belum bisa dilayani hari ini, bisa langsung datang ke bank-bank yang sudah melayani penukaran uang baru. Kuotanya per orang Rp4 juta,” imbuhnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.