Harkamtibmas di Bulan Ramadhan: Polisi Amankan Puluhan Motor Balap Liar di Jombang

by -1015 Views
Girl in a jacket

Jombang, Seblang.com – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di bulan Ramadhan, kepolisian berhasil membubarkan kegiatan balap liar yang dilakukan oleh puluhan remaja di jalan lingkar atau ring road Mojoagung, Jombang.

Pembubaran dilakukan oleh tim gabungan Satuan Sabhara Polres Jombang dan Polsek Mojoagung yang berhasil menyita sebanyak 40 sepeda motor.

Kegiatan balap liar di jalan lingkar tersebut menjadi marak selama bulan Ramadhan, terutama menjelang buka puasa dan sesudah sahur.

Meskipun polisi telah sering melakukan pembubaran, namun para pelaku terus melakukan aksi tersebut tanpa merasa jera, sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat.

Menanggapi laporan tersebut, polisi langsung bertindak dengan melakukan pengintaian di lokasi tersebut.

Saat puluhan remaja sudah berkumpul di jalur tersebut dengan membawa sepeda motor yang sudah dimodifikasi, petugas segera mengambil langkah tindakan. Mobil patroli melakukan blokade di dua sisi jalan.

Kedatangan petugas secara tiba-tiba membuat para remaja panik, sehingga mereka berusaha melarikan diri dengan berbagai cara.

Ada yang mencoba melarikan diri dengan menggeber motornya, ada pula yang kabur ke sawah. Mereka yang tertangkap kemudian diminta untuk mendorong kendaraannya dari jalan lingkar menuju Polsek Mojoagung yang berjarak sekitar 4 kilometer. Selain itu, polisi juga memberikan tindakan tegas berupa tilang.

Kompol Yogas, Kapolsek Mojoagung menjelaskan bahwa sebagai efek jera, kendaraan yang disita akan diserahkan kembali kepada pemiliknya setelah Hari Raya Idulfitri. Sementara untuk kendaraan yang tidak memenuhi spesifikasi, pemiliknya diwajibkan untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

“Selama bulan Ramadhan, kami terus melakukan razia terhadap kegiatan balap liar ini untuk menjaga kenyamanan pengguna jalan. Hari ini saja, sudah ada 40 sepeda motor yang kami tilang,” ujar Kompol Yogas pada Selasa (26/3).

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengimbau kepada para pemuda untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Beliau menegaskan bahwa kegiatan balap liar sangat berpotensi membahayakan keselamatan diri para pelaku maupun pengguna jalan lainnya.

“Kami mengimbau kepada para pengendara tersebut agar tidak mengulangi aksinya kembali karena sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya,” tambahnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.