Pastikan Mamin Takjil Ramadan Bebas Bahan Tambahan Pangan Berbahaya Dinkes Banyuwangi Turunkan Tim Kesehatan

by -96 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com– Untuk memastikan bahan makanan dan minuman yang digunakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif dalam Pasar Takjil Ramadan 1445 H di wilayah Banyuwangi memenuhi aturan, tim kesehatan yang ada di wilayah kecamatan melakukan pengecekan dan pemeriksaan.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Banyuwangi Amir Hidayat, pihaknya menurunkan tim kesehatan ke seluruh kecamatan untuk memastikan pemakaian Bahan Tambahan Pangan (BTP) makanan dan minuman yang dijual dalam Pasar Takjil Ramadan sudah sesuai dengan aturan kesehatan.

Dia menuturkan BTP adalah bahan atau campuran bahan yang secara alami bukan merupakan bahan baku pangan,”Tetapi ditambahkan kedalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan antara lain; bahan pewarna, pengawet, penyedap rasa, anti gumpal, pemucat dan pengental,” ujar Amir pada Sabtu (23/3/2024).

Dia mengungkapkan dari sampel yang diambil untuk pemeriksaan dan penelitian oleh petugas semuanya dinyatakan negatif.”Ada yang dicurigai positif tetapi setelah dikonfirmasi lagi hasilnya negatif,” imbuhnya.

Selanjutnya Amir menghimbau kepada warga masyarakat utamanya para pengusaha makanan dan minuman untuk menghindari penggunaan bahan tambahan berbahaya.

“Untuk pemanis dan pewarna makanan minuman dianjurkan untuk menggunakan bahan yang ada izin BPOM. Jangan menggunakan bahan diluar itu, yang biasa digunakan untuk pewarna kayu dan kain,” tambah Amir.

Selain itu dia juga menghimbau agar para pelaku usaha supaya selalu menjaga kebersihan dan hygienitas dalam melakukan penanganan pengelohan makanan minuman yang dijajakan.

“Diharapkan menggunakan sarung tangan plastik celemek dan menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir bagi pengunjung yang makan ditempat jualan mereka,” pungkas Amir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.