Cegah Perundungan: Polresta Malang Kota Sosialisasikan Stop Bullying di Sekolah

by -428 Views
Iptu Totok Hariyanto S.H M.H, Kasikeu Polresta Malang Kota memberikan materi
Girl in a jacket

Kota Malang, seblang.com  – Polresta Malang Kota menggelar sosialisasi dan pembinaan bagi 350 siswa-siswi dengan tema “Stop Bullying” dalam upaya mencegah perundungan di kalangan pelajar.

Acara edukasi dan sosialisasi yang berlangsung di Masjid Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang ini merupakan bagian dari rangkaian Pondok Ramadhan 1445H/2024M di MAN 1 Kota Malang.

Iptu Totok Hariyanto S.H M.H, Kasikeu Polresta Malang Kota, sebagai narasumber dan pemateri yang mewakili Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, memberikan pemahaman tentang bahaya bullying kepada para siswa.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying serta bagaimana cara mencegahnya,” ungkap Iptu Totok pada Jumat (23/3).

Selain itu, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memupuk rasa saling menghormati antar siswa, menghindari sikap superioritas, dan memprioritaskan akhlakul karimah dalam interaksi sosial di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Iptu Totok menjelaskan bahwa pelaku bullying berpotensi menjadi pelaku kriminal di masa depan, dapat mengalami gangguan mental, dan berurusan dengan hukum. Mereka sulit bergaul dan diterima dalam lingkungan sosial,” tambahnya.

Lebih lanjut, Iptu Totok juga menjelaskan dampak yang dirasakan oleh korban bullying, seperti meningkatnya tingkat kecemasan, penurunan prestasi belajar, bahkan hingga risiko depresi dan potensi bunuh diri.

Melalui sosialisasi ini, Iptu Totok dan pihak sekolah berharap dapat menekan angka perundungan di antara siswa dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua.

“Saya berpesan kepada Kepala Sekolah MAN 1 Kota Malang, para guru, dan staf sekolah untuk turut serta aktif dalam mencegah dan melanjutkan sosialisasi kepada wali murid,” tambahnya.

Sosialisasi ini dianggap sebagai langkah positif dari Polresta Malang Kota dan sekolah-sekolah di Kota Malang dalam memerangi bullying serta meningkatkan kesadaran semua pihak untuk mencegah dan menghentikan tindakan perundungan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.