Ini Strategi Satlantas Polresta Banyuwangi Atasi Kemacetan di Pelabuhan Ketapang saat Nyepi

by -868 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
Kompol Amar Hadi, Kasatlantas Polresta Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com -Satlantas Polresta Banyuwangi telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah kemacetan panjang saat Pelabuhan Ketapang ditutup menyambut Hari Raya Nyepi, Senin (11/3/2024) mendatang.

Menurut Kompol Amar Hadi, Kasatlantas Polresta Banyuwangi, pihaknya bersama stakeholder terkait telah menyiapkan beberapa skenario selama penutupan.

iklan aston

“Kami telah menyiapkan empat buffer zone atau kantong parkir untuk menampung kendaraan yang terlanjur tiba di pelabuhan dan tidak dapat melanjutkan perjalanan,” kata Kompol Amar kepada seblang.com pada Sabtu (9/3/2024).

Kantong parkir tersebut, lanjutnya, tersebar di beberapa lokasi strategis, termasuk di lahan ASDP dekat Banyuwangi Beach Bulusan, Terminal Sritanjung, Area Parkir Pelindo, dan Kantong Parkir Pantai Watu Dodol.

Namun demikian, kantong-kantong parkir tersebut akan difungsikan hanya jika areal parkir pelabuhan sudah penuh.

“Kami juga akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan one way ke jalan alternatif, yaitu jalan lingkar, untuk menghindari penumpukan atau kemacetan di jalan raya,” tambahnya.

Perlu diketahui, penutupan Pelabuhan Ketapang akan dilakukan pada tanggal 10 Maret 2024 pukul 23.59 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 05.00 WIB tanggal 12 Maret 2024.

“Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Pulau Bali pada tanggal tersebut untuk mengatur ulang jadwal perjalanan agar tidak terjebak kemacetan di pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.