Angin Kencang di Banyuwangi: Pohon Tumbang Timpa Mobil, BPBD Cepat Tanggap

by -662 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comAngin kencang menerjang Kota Banyuwangi menyebabkan pohon tumbang menimpa sebuah mobil di Jalan Kepiting, Kelurahan Sobo, Sabtu (20/1/2024) siang.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi segera merespons laporan tersebut dengan mendatangi lokasi kejadian.

iklan aston

“Ketika tim tiba di lokasi, mobil yang tertimpa pohon sudah tidak berada di sana,” kata Kepala BPBD Banyuwangi, Danang Hartanto.

Danang mengungkapkan tidak ada laporan korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Kemudian petugas dibantu masyarakat membersihkan pohon yang melintang menutup jalan. Arus lalu lintas pun lancar kembali.

Atas peristiwa tersebut, Danang pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berteduh dan memarkir mobil di bawah pohon, baliho, atau tempat-tempat rawan untuk menghindari dampak angin kencang.

“Mengingat Banyuwangi sudah memasuki puncak musim hujan pada Januari – Februari. Kami imbau masyarakat selalu waspada menghadapi cuaca ekstrem,” pungkasnya.

Sementara itu Forecaster BMKG Banyuwangi, Mardani R. Gumintar, S.Tr., mengatakan kecepatan angin di Banyuwangi pada Sabtu (20/1/2024) siang tercatat mencapai 12~20knot atau setara 37,04 kilometer per jam.

“Angin kencang tersebut merupakan dampak dari siklon tropis Anggrek yang terpantau di Samudra Hindia barat daya Bengkulu dan bibit siklon tropis 99S di daratan Australia bagian utara,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.