Warga Senang Adanya Pemasangan Lampu PJU di Sepanjang Jalan Seroja Kelurahan Dawuhan Situbondo 

by -437 Views
Ahmad Asari Warga Kelurahan Dawuhan Saat Menunjukkan PJU yang Sudah Terpasang
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.comWarga Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyambut gembira penambahan lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang Jalan Seroja, yang sebelumnya gelap gulita.

Inisiatif ini diharapkan akan meningkatkan keamanan dan mencegah tindakan kriminalitas di wilayah tersebut. Pasalnya, sebelum penambahan PJU, Jalan Seroja dikenal sebagai tempat yang gelap dan rawan kecelakaan serta tindakan kriminalitas.

iklan aston

Ahmad Asari, seorang warga setempat, menjelaskan bahwa penambahan lampu PJU sangat diharapkan untuk mengurangi kejadian seperti penjambretan yang sering terjadi pada dini hari. Dia berharap bahwa kehadiran penerangan lampu ini akan membuat wilayah tersebut lebih aman.

“Sebelum penambahan lampu PJU, di jalan ini (Seroja) sangatlah sepi dan sering terjadi penjambretan pada dini hari waktu orang melintas untuk pergi ke pasar. Mudah mudahan adanya penerangan lampu ini tidak lagi terjadi adanya kejahatan seperti tahun yang lalu,” harap Ahmad Asari, Rabu (8/11/2023).

Aas, pemilik warung kopi di sepanjang Jalan Seroja, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, terutama kepada Bupati Karna Suswandi, atas program pemerintahannya  meningkatkan penerangan jalan. Menurutnya, program ini sangat baik dan bermanfaat bagi warga dan pengguna jalan.

“Terimakasih Bupati Karna. Dengan penambahan lampu penerangan jalan bisa menghidupkan suasana jalan Seroja. Menurut saya, ini program yang sangat baik dan bermanfaat bagi warga dan para penggunaan jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo mengalokasikan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023 untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU).

Dikonfirmasi oleh awak media Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Situbondo, Iwan Subhakti mengatakan, Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo mendapat anggaran DBHCHT Tahun 2023 sebesar Rp 6 miliar yang diperuntukkan untuk pengadaan PJU.

“Total ada 262 titik pemasangan PJU untuk penerangan ruas jalan kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo, dengan harapan dapat mempermudah akses mobilisasi petani tembakau pada khususnya dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Iwan, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan pemasangan PJU itu sendiri, jelas Iwan, mulai dilaksanakan pada Oktober ini dan perkiraan pada akhir November 2023 sudah selesai dikerjakan. “Sebelum dilakukan pemasangan PJU, kami dari awal sudah melakukan survei ke semua akses jalan di daerah yang masih membutuhkan penerangan. Selanjutnya kita beri PJU,” ucapnya.

Masih Iwan Subhakti menjelaskan, pemasangan PJU dari anggaran DBHCHT Tahun 2023 ada 262 titik yang tersebar di 9 kecamatan wilayah kabupaten Situbondo. Adapun daerah yang prioritas titik pemasangan PJU dari DBHCHT tahun ini seperti di Kecamatan Kendit, Besuki, Mlandingan, Mangaran, Kapongan, Panji dan Kecamatan Jangkar. Sebelumnya program dari bupati berupa pemasangan PJU sudah banyak terealisasi di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo.

“Kami berharap dengan terpasangnya PJU ini bisa membantu masyarakat Situbondo khususnya untuk penerangan jalan. Sehingga pengguna jalan terhindar dari kecelakaan dan mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas. Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati fasilitas PJU yang ada,” harapnya. (Kadari/Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.