253 Pendekar Turun Gelanggang Dalam  Kejurprov PERSINAS ASAD Jatim

by -990 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Kediri, seblang.com – Persatuan Silat Nasional (Persinas) Ampuh Sehat Aman dan Damai (ASAD ) Jawa Timur (Jatim) menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Remaja yang diikuti oleh 253 di Ponpes Wali Barokah Kediri  pada 14-18 juni 2023.

Pembukaan Kejurprov Remaja Persinas ASAD Jatim dihadiri Wakil Ketua IPSI Jatim, Ketua PSHT Jatim, Ketua Pagar Nusa NU Jatim, dan pimpinan perguruan pencak silat yang tumbuh dan berkembang di Jatim yang lainnya.

iklan aston

Menurut Wakil Ketua IPSI Jawa Timur KH Moh. Salahudin, dengan adanya Kejurprov Jatim kelompok Remaja dapat memberi harapan besar munculnya pesilat-pesilat yang berprestasi di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan ke depan akan banyak lagi pesilat berprestasi yang dimiliki Jawa Timur pada tingkat yang lebih tinggi. Terutama kita target PON 2023 ini IPSI  harus memberikan sumbangsih lebih untuk medali emas,” ujarnya.

Selain mencetak pesilat berprestasi, IPSI Jatim juga memiliki tugas berat dalam menanamkan nilai-nilai persaudaraan antarperguruan pencak silat.

“Kami sudah berkomitmen dengan semua perguruan untuk menjaga dan memelihara kondusifitas Jawa Timur. Mari teman-teman dari perguruan apapun dan seluruh aliran pencak silat, kita itu guyub, kita ini rukun, kita ini jaga harmonisasi, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa,” tambahnya.

Dia menambahkan sebagai pesilat harus memiliki karakter dan akhlak baik yang mencerminkan contoh dan teladan sebagai anak bangsa.  Selain itu, ia berpesan pada perguruan pencak silat agar menjunjung tinggi sportivitas fair play dan respek dalam setiap pertandingan serta menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami pimpinan-pimpinan sudah menunjukkan kebersamaan dan keguyuban. Mari kita sambut pada tingkat selanjutnya sampai ke akar rumput, bahwa kita selalu bersama guyub dan rukun,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Persinas ASAD Jawa Timur Dedid Cahya Happyanto mengatakan gelaran Kejurprov Remaja tahun 2023 salahsatu tujuannya untuk menjaring pesilat-pesilat berprestasi dalam rangka menyongsong Kejurnas Remaja  ASAD yang akan digelar pada Oktober 2023 mendatang di Jakarta.

Dalam ajang Kejurnas Remaja ASAD 2023 mendatang Dedid  menargetkan kontingen Jawa Timur mampu meraih predikat juara umum. Dalam pelaksanaan Kejurnas sebelumnya,  kontingen Jawa Timur  meraih juara umum dua kali berturut-turut, sehingga apabila juara maka mencetak hattrick.

“Tinggal satu kali lagi piala bergilir Kejurnas Persinas ASAD akan di tangan di Jawa Timur,” ujarnya.

Pada Kejuaraan Kejurprov Remaja Persinas ASAD Jawa Timur, dalam upaya mencegah dan menanggulangi potensi terjadinya tindak kecurangan maka penilaian menggunakan digital scoring atau penilaian digital.

Ketua Pengprov Persinas ASAD Jatim menambahkan, pihaknya bersama semua perguruan pencak silat lainnya berkomitmen untuk berkontribusi dalam mencetak para pesilat yang mampu berprestasi di level nasional maupun internasional.

Sementara itu, Ketua PSHT Jawa Timur Hendri Sugeng Santoso memberi selamat dalam pembukaan Kejurprov Remaja Persinas ASAD Jawa Timur dan  berharap ajang yang digelar mampu melahirkan pesilat berprestasi.

“Mari kita bersaing di dalam prestasi untuk mengharumkan Jawa Timur dan kita bisa guyub-rukun, saling menghormati dan menyayangi sesama anak bangsa,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.