Hadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan ETPD Kota Blitar 2023, Walikota Blitar: Ciptakan Pemerintahan Yang Countable

by -186 Views
Girl in a jacket

Blitar Kota, seblang.com – Salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dalam meringankan tugas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), yang mengacu surat dari Kemendagri adalah perencanaan khususnya pada sektor yang menangani masalah pajak agar bisa berdiri sendiri dan tidak bergabung dengan BPKAD.

“Ini agar konsentrasi dari BPKAD itu di satu sisi saja, menangani masalah transaksi keuangan bisa berjalan. Dan disisi lain, menangani persoalan pendapatan dari berbagai pajak yang menopang pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), bisa tertangani secara proporsional dan profesional.”

Ungkapan itu disampaikan Walikota Blitar, Santoso, saat memberi arahan di Rapat Evaluasi Pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Blitar Tahun 2023, yang digelar di Ruang Sasana Praja Kantor Walikota Blitar, Jumat (12/05/2023).

Lebih lanjut, Santoso mengatakan, sejalan dengan proses ETPD dan juga menunggu kebijakan dari Gubernur Jawa Timur tentang bagaimana transaksi di setiap pemerintah daerah bisa dilakukan secara non tunai.

“Transaksi non tunai ini merupakan salah satu bagian yang bisa membantu BPKAD untuk mempercepat pelaksanaan ETPD di Kota Blitar ini” jelasnya.

Elektronifikasi Transaksi dievaluasi laporannya tiap 3 bulan oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat, dan sebagai puncak setiap akhir tahun diadakan Championship ETPD, dan untuk Kota Blitar saat ini masih menduduki rangking 24 dengan skor masih 82 persen.

“Saya berharap transaksi pemerintah daerah ini bisa dilakukan dengan non tunai, kalau itu sudah dilakukan oleh semua OPD maka tingkat percepatan akuntabilitasnya saya yakin semakin bagus, dengan target harus hampir 100 persen,” imbuhnya.

Terakhir Santoso menambahkan, ini upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menciptakan pemerintahan yang countable_yang berbasis IT, yang mampu memanfaatkan kemajuan di bidang elektronik guna menyelesaikan transaksi-transaksi di pemerintah daerah yang bersifat transaksi non tunai, tandasnya.

Untuk informasi, rapat evaluasi pelaksanaan ETPD dihadiri Sekda kota Blitar Priyo Suhartono, para Asisten , Staf ahli, juga Kepala BPKAD Widodo, serta dari OPD terkait dilingkup Pemerintah Kota Blitar. (adv/komf/dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.