Bulan Ramadan Sebentar Lagi Tiba, Ini Rekomendasi Wisata Religi di Banyuwangi

by -264 Views
Makam Datuk Malik Ibrahim
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com  – Siapa yang tak kenal Banyuwangi? Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini terkenal akan keindahan alam dengan ditunjang  kekayaan seni dan budayanya yang masih terjaga dan lestari sampai saat ini.

Ternyata, Banyuwangi juga memiliki potensi wisata religi yang cocok dijadikan salah satu aktivitas seru saat ngabuburit atau mengisi waktu libur di bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba. Selain ibadah, kamu bisa mengenal sejarah hingga berburu spot foto Instagenic.

iklan aston

Berikut ini ada beberapa tempat wisata religi di Banyuwangi paling terpopuler yang bisa kamu kunjungi.

  1. Makam Datuk Malik Ibrahim

Datuk Malik Ibrahim adalah bangsawan asal Yaman sekaligus waliyullah keturunan Bani Hasyim yang mempunyai peranan penting dalam penyebaran agama Islam di Banyuwangi sekitar 1770.

Karena perjuangannya yang gigih dalam menyebarkan Islam, makamnya yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Lateng, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi ini dikeramatkan.

Pusara Datuk Malik Ibrahim yang juga seorang Waliyullah ini tak pernah sepi dari para peziarah yang berasal dari dalam maupun luar kota Banyuwangi.

  1. Makam Buyut Sayu Atika
Makam Buyut Sayu Atika

Dalam berbagai sumber dikatakan, Sayu Atika adalah cucu dari Raja Blambangan yang menikah dengan Maulana Ishak, utusan dari Sunan Ampel.

Makam ini banyak dikunjungi peziarah lantaran sosoknya dikenal sebagai ibu dari seorang salah satu Wali Songo, yakni Sunan Giri.

Lokasinya yang berada tak jauh dari Kota Banyuwangi ini pun mudah dijangkau, yakni di Lingkungan Payaman, Kelurahan/Kecamatan Giri.

  1. Situs Makam Al Maulaya
Situs Makam Al Maulaya

Anda juga bisa berziarah ke tempat ini selama di Banyuwangi. Makam ini berlokasi di Jalan Grajagan, Desa Glagagung, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Situs makam Syekh Al Maulana bin Syekh Kamaluddin Sarbiqoni Sayyidatullah bin Syekh Kamaluddin Kurzam bin Syekh M. Khulaini bin M. Imam Hambali ini disebut sebagai sepupuh dari Syekh Subakir.

Bahkan kabarnya, semasa hidup almarhum Gus Dur atau H. Abdurrahman Wahid mantan Presiden RI ke-3, pernah berziarah di makam Aulia yg tertua di tanah Jawa tersebut.

  1. Masjid Baiturrahman
Masjid Baiturrahman

Satu tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi selama di Banyuwangi yakni Masjid Baiturrahman. Masjid kuno ini didirikan pada 7 Desember 1773.

Lokasinya juga mudah didatangi karena tak jauh dari Pendopo Bupati Banyuwangi dan Taman Sri Tanjung, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Masjid ini merupakan yang tertua dan terbesar di Banyuwangi sekaligus saksi masuknya Islam di Jawa dari ujung timur.

  1. Masjid Cheng Hoo
Masjid Cheng Hoo

Sama halnya dengan masjid Muhammad Cheng Hoo lain, masjid ini dibangun oleh PITI atau Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia.

Masjid Cheng Hoo memiliki desain arsitektur yang unik. Bentuknya menyerupai pagoda dan bangunannya didominasi warna merah, hijau, dan kuning.

Tidak hanya itu, bagian pagarnya mirip dengan klenteng sehingga terkesan unik dan estetik.

Demikian, itulah beberapa objek wisata religi di Banyuwangi yang bisa dikunjungi ketika bulan Ramadan. Anda tertarik berkunjung ke salah satunya?//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.