Dinas PU CKPP Banyuwangi Siapkan Rp. 4,8 Miliar Perbaiki Ruas Jalan Utama Lowi Menuju Pulau Merah

by -193 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU-CKPP) Banyuwangi  menganggarkan Rp. 4,8 Miliar untuk pembangunan rusa jalan utama Lowi, Kecamatan Pesanggaran.

Anggaran tersebut berasal dari APBD tahun 2022, yang rencananya akan digelontorkan untuk meneruskan pengerjaan perbaikan jalan yang tengah digarap perusahaan tambang emas setempat.

iklan aston

Tentunya, dengan perbaikan akses jalan satu-satunya menuju Pulau Merah itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.

Plt. Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, Danang Hartanto melalui Kepala Teknik Jalan dan Jembatan Kegiatan Bidang Bina Marga dan Kegiatan Jembatan UPTD Genteng dan UPTD Banyuwangi, Amirul Muslimin mengatakan,  pengerjaan akan dimulai setelah perusahaan tambang emas setempat menyelesaikan pengerjaan tahap pertama di ruas jalan tersebut.

“Perusahaan menggarap ruas sepanjang 2,2 kilometer, sementara kami akan melanjutkan ruas sisanya hingga perempatan pasar Pesanggaran kurang lebih 2,2 kilometer. Itu sudah termasuk di kawasan gunung Gamping,” kata Amir, Selasa (20/9/2022).

“Pagu yang kita anggarkan kurang lebih sekitar Rp. 4,8 Miliar,” ungkapnya.

Amir menambahkan, nantinya ruas jalan utama yang lebarnya hanya 4 meter akan diperlebar menjadi 6 meter. Kemudian jalan lingkar di depan Kantor Desa Sumbermulyo, Pesanggaran akan diperlebar menjadi 5 meter.

“Perbaikan infrastruktur ruas jalan Lowi ini diharapkan dapat   memudahkan aksesibilitas wisatawan menuju Pulau Merah, salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Banyuwangi,” ujar Amir.

Tak hanya itu, dengan kondisi jalan yang baik, mobilitas semakin dimudahkan, sehingga mampu mencapai tujuan-tujuan ekonomi dan non ekonomi, untuk mendorong pemerataan pembangunan di wilayah Banyuwangi selatan.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.