Menara Air Pamsimas Desa Ngetrep Kabupaten Madiun Segera Tuntas

by -1813 Views
iklan aston

Madiun, seblang.com – Setelah melewati proses yang panjang serta kendala yang bertubi-tubi, akhirnya pembangunan ‘pamsimas’ Desa Ngetrep Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun segera tuntas. Akses air bersih layak konsumsi tidak lama lagi sudah bisa dinikmati warga desa tersebut. Pasalnya,  Pemerintah desa setempat tahun ini  memperoleh program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Bersumber dari APBN 2020 dan APBDes serta swadaya masyarakat, pembangunan sarana pamsimas tersebut telah  berdiri kokoh bak menara mewah.

“Untuk anggaran biayanya dari APBN, APBDes dan swadaya masyarakat, boardnya ada kok mas, disitu tercantum semua, kita transparan dan mengedepankan keterbukaan informasi publik (KIP). Agustus kemarin pengeboran dimulai, alhamdulillah saat ini tinggal beberapa piranti pendukung saja,” ujar Suyitno Kepala Desa Ngetrep.

iklan aston

Menurut Suyitno, serangkaian tes dan survei dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air menjadikan pemerintah desa ngetrep sebagai salah satu  penerima program Pamsimas. Survei geografis desa dan deteksi titik sumber air yang memadai, menjadikan dasar kuat untuk program tersebut.

Setelah dinyatakan layak, lanjut Suyitno, pihaknya mengikuti sosialisasi di tingkat kabupaten dan dibahas dalam musyawarah desa (Musdes) untuk menjaring aspirasi dari masing-masing dusun. Wakil dari masing-masing dusun melakukan penjaringan kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) untuk ditetapkan dalam Musdes dan selanjutnya diajukan ke tingkat kabupaten.

“Alhamdulillah, setelah proses yang panjang dan beberapa kali musdes desa kami mantap menjalankan program Pamsimas 2020,” imbuhnya .

Suyitno mengungkapkan, selama ini warga desa ngetrep minum dari sumber air dangkal yang mudah sekali tercemar bakteri. Melalui program Pamsimas inilah dapat tersedianya air bersih layak minum, karena kedalaman air di atas 60 meter.

“Harapan kami dengan program Pamsimas ini warga mendapatkan air yang benar-benar layak konsumsi, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya dan semakin produktif,” tutur Suyitno.

“Untuk wacana selanjutnya, Kedepan akan kita kembangkan agar menjangkau semua KK yang ada disini,” pungkasnya.

Suyitno juga berharap agar kelompok pengelola sarana penyediaan air minum dan sanitasi yang telah dibentuk pemerintah desa, dapat menjaga dan memelihara kelestarian Pamsimas secara partisipatif.

Salah satu warga ikut memberi apresiasi terhadap program pamsimas dari pemerintah untuk desa Ngetrep. “Pamsimas ini sangat bagus, mungkin jika saat ini manfaatnya belum bisa dirasakan, tapi saya yakin seiring berjalannya waktu, Pamsimas akan sangat bermanfaat bahkan hingga anak cucu kita kelak mas”, ujarnya kepada jurnalis.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.