Upaya Pencegahan Covid, Pemdes Bagi Madiun Agendakan Senam dan Posyandu Lansia

by -315 Views
Girl in a jacket

 

Madiun, seblang.com –  Di tengah wabah pandemi Covid-19 saat ini, berbagai upaya terus digalakkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Bahkan pemerintah menekankan aturan ketat untuk mematuhi protokol kesehatan.

iklan aston

Seperti yang dilakukan pemerintah Desa Bagi Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Dalam menghadapi kondisi pandemi ini, senam dan posyandu lansia menjadi agenda rutin desa dalam upaya menjaga kesehatan warga lansia. Hal tersebut diprioritaskan mengingat daya tahan tubuh warga yang masuk lansia lebih rentan imunitasnya.

Saat ditemui di ruangnya Sekdes Bagi kecamatan Madiun, Sidik Aprianto mengatakan bahwa kegiatan senam dan posyandu lansia sempat vakum dan akan dirutinitaskan.

“Kalau yang sekarang ini kegiatan posyandu lansia Bagi 01, di Desa bagi terdapat 4 group posyandu lansia, yaitu Bagi 01, bagi 02, bagi 03 dan bagi 04. Jumlah peserta hari ini sebanyak 80 dan kegiatan ini bisa dikatakan baru diadakan lagi pak, karena sempat vakum gara gara covid kemarin,”  ujarnya kepada jurnalis, Jumat (23/10/20).

Mbah Jadi (64), warga Desa bagi rt 9 rw 2 merupakan salah satu peserta senam dan posyandu lansia mengaku sangat senang dengan diadakannya kembali kegiatan rutin ini.

“Alhamdulillah mas, sempat libur lama karena corona, sekarang bisa aktif lagi. Kalau saya sebagai peserta bisa dibilang paling aktif kegiatan ini mas, ya karena saya merasa kurang sehat, buat berdiri lama itu sudah gak begitu kuat,” ungkapnya kepada jurnalis.

Senam dan posyandu lansia Desa bagi dimulai jam 08.00 sampai selesai. Untuk posyandu lansia sendiri langsung ditangani oleh dr. Eva dari Puskesmas Madiun. Dalam kegiatan tersebut, selain mendapat kebugaran, warga lansia juga mendapat snack dan obat-obatan untuk dikonsumsi di rumah.

Kades Bagi H. Mulyanto berharap, mudah mudahan kegiatan senam dan posyandu lansia ini bisa rutin kembali supaya warga lansia Desa bagi selalu sehat karena otomatis imunitas tubuhnya meningkat sehingga lebih tahan dan kebal terhadap penularan covid-19. “Semoga pandemi ini juga segera berakhir dan warga khususnya desa bagi bisa lebih aktif dan produktif kembali,” tutupnya.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.