Tiket Masuk Marina Boom Beraroma Pungli, LSM Ancam Akan Melapor ke Polisi

by -426 Views
Pemandangan Pantai Marina Boom Banyuwangi yang instagaramable
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sejumlah pengunjung pantai Marina Boom Banyuwangi mengeluhkan mahalnya tiket untuk masuk ke tempat wisata yang sedang hits di Kota gandrung itu. Setiap pengunjung, dikenakan tarif Rp. 15.000,- per orang tanpa terkecuali setiap hari libur (weekend).

Keluhan itupun, diungkapkan masyarakat Banyuwangi melalui media sosial dengan mengunggah protes ataupun foto tiket masuk ke pantai kebanggaan masyarakat Banyuwangi itu hingga viral.

iklan aston

Muhammad Helmi Rosyadi, Ketua Aliansi Rakyat Miskin (ARM) mengaku terkejut atas mahalnya tarif masuk ke Pantai Marina Boom Banyuwangi yang dulunya disebut pantai THR (Taman Hiburan Rakyat) itu.

Ia menilai, harga tiket sebesar Rp. 15 ribu dirasa sangat memberatkan masyarakat Banyuwangi. Khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah, yang mana uang sebesar tersebut, bisa untuk makan sehari dengan tiga bungkus nasi.

“Harga tiket masuk Rp. 15 ribu, menurut saya sangat memberatkan untuk masyarakat Banyuwangi. Meski, dalam tiket tersebut termasuk voucher potongan harga Rp. 4 ribu untuk ditukarkan ke pelaku UMKM di kawasan pantai Marina Boom. Itu juga belum termasuk parkir,” kata Helmi kepada seblang.com, Senin (19/10/2020).

Mahalnya tiket masuk ke Pantai Marina Boom, kata Helmi, dikhawatirkan dapat menggerus tradisi (budaya) Masyarakat Adat Osing. Karena, setiap Minggu pagi masyarakat di Banyuwangi berbondong-bondong pergi berolahraga sambil berekreasi ke pantai Boom, dan sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu.

“Saya juga mencium aroma pungli disini,” ungkapnya.

Menurutnya, penerapan harga tiket include dengan voucer makan atau minum itu sama halnya pemaksaan karena setiap pengunjung belum tentu bersedia dan digunakan.

“Banyak masyarakat yang berekreasi dengan keluarga membawa bekal sendiri, dan tradisi ini sudah berpuluh puluh tahun,” kata Helmi.

Apalagi, kata Helmi, setiap weekend sedikitnya ada sekitar 3.000 ribu orang pengunjung. 10 % persen dari pengunjung tersebut tidak menukarkan vouchernya. Berarti 300 voucher dikalikan Rp. 4 ribu sebesar Rp. 1.200.000,-.

“Lah terus uang voucher yang tidak ditukarkan oleh pengunjung ini jika masuk ke perusahaan kan sama aja pungli, saya minta pihak Kepolisian mengusut dugaan pungli ini,” ujarnya.

Andri, staf Pelindo Property Indonesia (PPI)

Sementara itu, Andri salah satu staf Pelindo Property Indonesia (PPI) pengelola pantai Marina Boom mengatakan, penerapan harga tiket sebesar Rp. 15 ribu adalah masih tahap uji coba.

“Ini masih uji coba, dan masih berjalan selama dua minggu,” kata Andri kepada seblang.com saat ditemui di kantornya.

Menurutnya, harga tersebut adalah penyesuaian dengan tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Apalagi, tiket Rp. 15 ribu itu, tidak masuk seluruhnya ke PPI. Dari harga tersebut, kata Andri, 10 persen masuk pajak, Rp. 4 ribu merupakan voucher yang bisa dibelanjakan keĀ  UMKM, kemudian asuransi, dan selebihnya masuk ke perusahaan.

“Jika dihitung, harga tersebut kami masih rugi dengan nilai investasi untuk membangun pantai Boom Marina yang telah tertata seperti ini dengan ditunjang fasilitas lainya,” ujarnya.

Adapun voucher senilai Rp. 4 ribu adalah upaya perusahaan untuk membantu pelaku UMKM yang berdagang di kawasan pantai Marina Boom Banyuwangi untuk dapat bertahan selama pandemi.

“Dengan penerapan voucher itu, pelaku UMKM di kawasan pantai Marina Boom terangkat pendapatanya. Sehingga dapat membantu mereka bertahan di saat pandemi selama ini,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya mengakui jika seluruh voucher yang disetorkan pelaku UMKM di kawasan Marina Boom tidak sebanding dengan banyaknya tiket yang terjual.

“Sekitar 10 percen voucher dari hasil pembelian tiket masuk, tidak disetorkan kepada kami atau digunakan oleh pengunjung,” ungkapnya.

“Untuk voucher yang tidak ditukarkan itu, masuk sebagai pendapatan kami,” pungkasnya.

Dengan adanya banyak protes pengunjung itupun, pihak PPI dalam waktu dekat ini akan mengaji ulang penerapan harga tiket masuk ke pantai Marina Boom Banyuwangi. (guh)

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.