Penanaman Bibit Durian di Sepanjang Aliran Sungai Truko Sempu Berjalan Lancar

by -218 Views
Penanaman bibit durian di Sungai Truko
Girl in a jacket

Banyuwangi, Seblang.Com – Penanaman ratusan bibit durian di sepanjang  aliran Sungai Truko, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu bersama DPD Walantara Kabupaten Banyuwangi, Pokmas Subur Makaryo, Dinas PU Pengairan dan Dinas Lingkungan Hidup berjalan lancar.

Seperti diungkapkan, Ketua DPD Walantara Banyuwangi, Edhi Prasetyo SH, kegiatan ini merupakan langkah preventif secara optimal dalam menjaga ekosistem keberadaan sumber mata air, antisipasi longsor dan merupakan reboisasi yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat khususnya yang ada di sekitar lingkungan Truko, Desa Karangsari.

iklan aston

“Kami dari lembaga konservasi akan selalu mendukung dan secara bertahap terus melakukan konservasi dan penanaman berbagai macam jenis bibit,” terangnya.

Begitupula disampaikan Ketua Pokmas Subur Makaryo, Eko Wahyu Hidayat Amd menyampaikan bahwa penanaman bibit durian ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Selain bisa diambil buahnya, namun keberadaan pohonnya bisa menjaga abrasi dan sumber mata air tetap terjaga kelestariannya.

Terpisah, Dinas PU Pengairan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang saat itu hadir di prosesi penanaman sangat mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan Pokmas dan DPD Walantara bersama segenap element masyarakat untuk secara sukarela melakukan penanaman. Hal ini merupakan suatu langkah tepat dalam melakukan penghijauan dan bisa menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.

Wartawan : Hari Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.