Inovasi Polresta Banyuwangi Tekan Penyebaran Covid-19

by -508 Views
Girl in a jacket

Foto : Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin saat launching Banyuwangi Tangguh

Banyuwangi, seblang.com – Polresta Banyuwangi terus melakukan inovasi dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Blambangan. Kali ini institusi Polri di Banyuwangi itu melaunching Banyuwangi Tangguh di Mapolresta Banyuwangi, Senin (10/8).

iklan aston

Sebelumnya, Polresta Banyuwangi juga melaunching Kampung Tangguh Semeru, tim masker Blambangan TNI – Polri, dan Mobil Berkah yang berkeliling hingga masuk ke pelosok desa untuk memberikan bantuan beras kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Dalam launching Banyuwangi Tangguh itu sendiri, Polresta Banyuwangi melakukan beberapa terobosan yakni e-Kampung Tangguh Semeru, Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, Mobil Imbauan Covid-19, Mobil Polantas Peduli, dan Thermal Scanner Gate.

Kapolresta menjelaskan, e-Kampung Tangguh Semeru adalah sebuah cara untuk memonitoring dan mengawal program Kampung Tangguh Semeru secara elektronik atau online. Kampung Tangguh Semeru merupakan pilot project Forkopimda Provinsi Jatim untuk bergotong royong menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 secara mandiri tingkat kampung.

Dalam hal ini, Polresta Banyuwangi membangun sebuah aplikasi yang dinamakan Banyuwangi Tangguh guna  memberikan informasi kepada masyarakat terkait kegiatan Kampung Tangguh di Kabupaten Banyuwangi dan informasi kamtibmas lainya.

“Masyarakat juga dapat berpartisipasi memberikan informasi serta melakukan pengaduan. Bahkan, didalam aplikasi tersebut terdapat tombol untuk meminta pertolongan kepada polisi jika terjadi hal yang darurat,” terang Kombes Pol Arman.

Kapolresta menambahkan, pihaknya juga peduli dengan para siswa yang kesulitan mengakses Internet untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring selama pandemi. Untuk itu, Polresta Banyuwangi meluncurkan Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan yang menyediakan layanan wifi gratis dan berkeliling bersama Babinsa hingga ke pelosok-pelosok desa.

“Jadi kami mensupport kegiatan pembelajaran secara daring tersebut, yang nantinya dapat memajukan dunia pendidikan.,” ujarnya.

Kapolresta menegaskan, pihaknya tak akan bosan-bosannya memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga mobil Binmas yang ada di Polsek Jajaran disulap menjadi mobil himbauan Covid-19. Selain itu, juga ada mobil Polantas Peduli.

“Mobil dari Kepolisian ini akan berkeliling dan  woro-woro menggunakan bahasa adat osing untuk mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, salah satunya untuk bermasker saat beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Polresta Banyuwangi. Pihaknya juga telah memasang Thermal Scanner Gate, yakni alat untuk mengukur suhu tubuh secara otomatis melalui sensor kamera.

“Segala upaya yang kita lakukan semata mata untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu untuk menyelamatkan anak bangsa dan meningkatkan kegiatan perekonomian di tengah masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang diwakili Sekda Banyuwangi Ir. Mujiono mengapresiasi inovasi Polresta Banyuwangi dalam hal pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Banyuwangi. Seperti mobil imbauan Covid-19 yang selalu mobile dan woro-woro kepada masyarakat Banyuwangi untuk selalu disiplin bermasker.

“Berdasarkan data penelitian, masker sangat efektif mencegah penyebaran virus Covid-19 hingga 60 %,” kata Ir. Mujiono.

Selain itu, pihaknya juga akan memasang  Thermal Scanner Gate di setiap SKPD guna mendeteksi suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Covid-19 secara dini di lingkungan Pemkab Banyuwangi, seperti yang ada di Polresta Banyuwangi. Menurutnya alat thermo Gun yang biasa dilakukan untuk mengecek suhu tubuh secara manual, kurang efektif.

“Selama ini kan kita memakai thermo Gun, tapi kurang efektif. Jadi alat Thermal Scanner Gate ini akan saya jadikan atensi untuk dapat dipasang disetiap SKPD,” pungkasnya.

Dalam kegiatan launching Banyuwangi Tangguh di Mapolresta Banyuwangi tersebut, juga dihadiri pimpinan dan perwakilan Forpimda Banyuwangi. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.