Ratusan Pelaku Seni di Banyuwangi Unjuk Rasa Damai

by -344 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang. Com – Tidak adanya kepastian terhadap nasib seniman di tengah pandemi virus Corona membuat ratusan pelaku seni di Banyuwangi melakukan aksi turun ke jalan, tepatnya di depan kantor Pemkab Banyuwangi, Rabu (5/8) siang.

Selain dari pelaku seni, aksi tersebut juga diikuti oleh pengusaha dan pekerja penyewaan terob serta sound system yang tak lepas dari dunia seni pertunjukan.

iklan aston

Mereka bersatu padu berteriak menuntut Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi untuk dapat menerbitkan kembali perizinan hajatan dan hiburan di tengah pandemi Covid-19.

Imbasnyapun sangat mereka rasakan. Mereka yang hanya menggantungkan hidupnya di dunia seni pertunjukan tersebut, menjerit lantaran setelah lima bulan vacum sejak bulan maret hingga saat ini.

“Tolong pak, normalkan kembali. Karena kita juga butuh untuk bayar kreditan dan butuh perawatan. Lagunya sampai lupa pak, karena lima bulan tidak nyanyi,” kata Diah Safitri salah satu penyanyi di Banyuwangi.

Beda halnya dengan Iwan salah satu perwakilan pengusaha sound system di Banyuwangi. Ia sampai menjual peralatan panggungnya demi memenuhi kebutuhan keluarganya selama lima bulan.

“Pentas dan Jenset sudah saya jual untuk kebutuhan hidup keluarga saya. Belum keluhan teman-teman yang lainnya. Jadi sangat besar sekali pengaruhnya imbas larangan gelaran hajatan dan hiburan akibat pandemi Covid-19,” kata Iwan.

Namun, iwanpun bersyukur setelah bertemu dengan gugus tugas penanganan covid-19 Banyuwangi. Ia beserta teman-teman pelaku seni lainnya diterima dengan baik dan duduk bersama Waka Polresta Banyuwangi, Sekda Banyuwangi dan anggota gugus tugas lainya guna mencari solusi.

“Hasilnya, menyimpulkan keputusan bahwasanya mulai hari jumat (7/8) besok diperbolehkan kembali menggelar hajatan,” ujarnya.

“Mulai hari ini sampai besok, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi bersama perwakilan kami untuk membuat SOP dalam melaksanakan hajatan ataupun pertunjukan seni tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Mujiono Sekda Banyuwangi yang juga selaku Sekretaris Gugus Tugas Banyuwangi berharap, SOP dalam pelaksanaan hajatan dan pertunjukan kesenian di Banyuwangi dapat diselesaikan dan disepakati bersama pada hari Jumat (7/8) besok.

“Sehingga semuanya jalan, tetapi tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan bersama terhadap  Covid-19. Kemudian dapat produktif mendapatkan pendapatan,” pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.